Ganjar Prediksi Golput Pilkada Jateng Capai 40%

  • Politik
  • 0
  • 26 Mei 2013 13:01
Usai mengantar kedua orangtuanya mencoblos, calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memantau beberapa TPS di desa Semawung Daleman, Kutoarjo, Purworejo. Dengan menggunakan mobil Kijang Innova B 9136 IY, Ganjar memantau proses jalannya pemilihan di tiga TPS, yaitu TPS 25, TPS 6, dan TPS 1.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (26/5/2013), Ganjar ditemani istrinya Siti Atiqoh mengamati jalannya proses pemilihan di tiga TPS tersebut. Ganjar pun sempat bertanya kepada para petugas TPS berapa jumlah warga yang telah mencoblos di masing-masing TPS itu.

Petugas TPS menjelaskan, hingga pukul 11.00 WIB, jumlah warga yang memilih baru sekitar 50 persen dari total daftar pemilih. "Dari sekitar 500 pemilih, yang datang baru sekitar 200 pemilih yang datang mencoblos," ujar salah seorang petugas TPS.

Usai mengunjugi 3 TPS tersebut, Ganjar menilai, hingga masa pencoblosan ditutup pada pukul 13.00 WIB nanti, angka golput (pemilih yang tak memilih) akan tinggi pada pilgub Jateng kali ini.

"Kalau pada jam 11 saja, masih di angka 50 persen (yang memilih), saya perkirakan sampai TPS ditutup, sangat mungkin sebanyak 30 sampai 40 persen warga tidak memilih," kata Ganjar.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah partisipasi warga yang minim. Pertama karena banyak warga yang lebih memilih liburan, tidak dapat undangan, dan memang pilihan warga untuk tidak memilih.

"Karena hari libur, warga lebih milih keluar kota, atau memang warga tidak peduli dengan pilgub ini, dan terakhir karena masalah teknis. Yang bahaya itu masalah teknis, ingin memilih tapi tak dapat undangan," papar Ganjar. (Mut)

Credit: Raden Trimutia Hatta

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler