Sukses

[VIDEO] Analisa Kekuatan 3 Pasangan Calon di Pilkada Jawa Tengah

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur memperebutkan suara dari 27 juta warga Jateng yang punya hak suara.

Tiga pasang Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah bertarung dalam pemilihan. Mereka memperebutkan suara dari 27 juta warga Jawa Tengah yang punya hak pilih. Lantas, siapa yang paling berpeluang memenangkan pemilihan kali ini?

Liputan 6 SCTV, Minggu (26/5/2013), memaparkan sejumlah faktor yang menjadi kekuatan yang dimiliki masing-masing pasangan calon. Meski, kekuatan itu belum bisa menjamin pasangan calon untuk memenangkan Pilkada Jateng kali ini.

Pasangan nomor urut 1, Hadi Prabowo-Don Murdono. Pasangan ini unik, karena Hadi Prabowo yang juga mejabat sebagai Sekretaris Provinsi Jateng menjadi calon gubernur terkaya dengan harta kekayaan mencapai Rp13,5 miliar.

Jika Hadi Prabowo menjadi calon terkaya, maka pasangannya, Don Murdono sebaliknya. Di antara para calon--baik calon gubernur dan wakil gubernur--Don Murdono memiliki harta kekayaan paling sedikit, hanya sekitar Rp 864 juta.

Sejumlah partai mengusung pasangan nomor urut 1 ini, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Hanura, dan Partai Keadilan Nasional Ulama (PKNU).

Pasangan nomor urut 2, Bibit Waluyo-Sudjiono. Bibit merupakan calon incumbent. Sementara Sudjiono merupakan Rektor Universitas Negeri Semarang. Pada pilkada sebelumnya, Bibit diusung PDI Perjuangan, berpasangan dengan  Rustriningsih. Namun pada Pilkada 2013, Bibit disokong oleh Partai Demokrat (PD), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar (PG).

Di nomor urut 3 ada Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko. Ganjar Pranowo merupakan anggota DPR dari Fraksi PDIP. Sementara  Heru Sujatmoko adalah Bupati Purbalingga periode 2010-2015. Satu-satunya partai yang mengusung pasangan ini adalah PDIP. Selama ini Jateng dikenal sebagai lumbung bagi PDIP.

Jateng merupakan ajang adu gengsi bagi partai politik, sebab punya 27 juta pemilih. Jadi, Pilkada Jateng menjadi peta politik untuk Pemilu 2014. Diperkirakan, pasangan Bibit-Sudjiono akan bersaing ketat dengan pasangan Ganjar-Heru. (Eks/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini