Sukses

PDIP Jateng Siaga 1 Sambil Nobar Final Liga Champion

Mulai hari ini tadi, sampai pengumuman resmi hasil Pilkada Jateng oleh KPU Provinsi Jateng, PDIP dalam kondisi Siaga 1.

Malam lelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Tengah, seluruh jajaran struktural dan fungsionaris, kader, dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menerapkan Siaga 1. Sembari melek nonton bareng final Liga Champion antara Bayer Munchen versus Borusia Dortumnd yang disiarkan langsung oleh SCTV.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Tjahjo Kumolo menjelaskan, status Siaga 1 menjelang hari-H pemungutan suara Pilgub akan berlangsung sampai penetapan penghitungan suara KPU Jateng.

"Mulai hari ini tadi, sampai pengumuman resmi hasil Pilkada Jateng oleh KPU Provinsi Jateng, PDIP dalam kondisi Siaga 1," kata Tjahjo kepada wartawan di Kantor DPD PDIP, Panti Marhaen, Semarang, Jateng, Sabtu (25/5/2013).

Bahkan pimpinan pusat PDIP juga mengintruksikan kepada seluruh jajaran pengurus, juga saksi-saksi untuk mencermati berbagai dinamika yang mungkin terjadi menjelang pemungutan suara. Di antaranya indikasi politik uang, serta penekanan terhadap masyarakat untuk memilih calon tertentu.

"Kami instruksikan kepada kader dan saksi untuk melakukan ronda keliling dan bersiaga penuh melawan upaya pihak-pihak tertentu yang mencoba merusak demokrasi pada Pilkada Jawa Tengah," ucap dia.

Lanjut anggota DPR RI itu, jika ada yang melakukan hal-hal yang merusak demokrasi harus segera ditangkap dan diserahkan aparat yang berwenang. Ia juga meminta kepada pengurus ranting dan kader untuk bersilaturahmi kepada KPPS dan mengingatkan kepada mereka agar dalam melaksanakan tugasnya di TPS, bisa bersikap adil, jujur dan tidak melakukan tekanan-tekanan kepada pemilih.

Dalam orasi politik itu, Tjahjo, didampingi oleh Ketua DPP PDIP Bambang “Pacul” Wuryanto, PLH Ketua DPD PDIP Jateng M Prakosa, dan Sekretaris DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jateng Agustina mengatakan, menghadapi Pilgub Jateng, DPD PDIP menggelar doa bersama di Panti Marhen, Sabtu malam. Selesai doa malam dilanjutkan dengan tirakatan dan nonton bola final Liga Champion.

Kemudian, pada Minggu pagi digelar acara bersih-bersih Panti Marhen sebagai simbol bersih untuk mengantar Ganjar-Heru menjadi gubernur dan wakil gubernur.

"Kami juga akan melakukan perhitungan cepat di sini. Kami akan mengambil sampel masing-masing kecamatan 10 TPS atau sebanyak 5.740 TPS," pungkas dia. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.