Sukses

[VIDEO] Sensasi Unik Jalan-jalan dengan Kereta Uap di Solo

Jika Anda mampir ke Solo, Jawa Tengah, jangan lupa menjajal transportasi unik untuk menikmati kota itu. Kereta uap Jaladara yang menggunakan tenaga kayu bakar.

Jika Anda mampir ke Solo, Jawa Tengah, jangan lupa menyempatkan diri menjajal transportasi unik untuk menikmati kota itu. Namanya kereta uap Jaladara, kereta yang menggunakan tenaga kayu bakar.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (25/5/2013) siang, kereta uap di Solo umumnya dimanfaatkan untuk angkutan wisata. Sensasi jalan-jalan dengan kereta uap itu seakan membuat penumpangnya kembali ke masa lalu.

Berbeda dengan jalur kereta pada umumnya yang melintasi Solo, rel kereta api Jaladara dipasang di luar jalur tersebut. Jalurnya tepat bersisian dengan Jalan Slamet Riyadi, sehingga kita bisa menikmati pemandangan jalan utama di kota itu. Seperti Loji Gandrung, museum batik dan banyak pertokoan.

Lokomotif Jaladara yang menarik 2 gerbong kereta terbuat dari kayu jati itu, sanggup menampung 72 penumpang. Untuk mengoperasikannya, Jaladara membutuhkan air yang cukup banyak selain kayu jati.

Namun sayang, kereta unik itu hanya beroperasi Sabtu dan Minggu. Sisihkan saja uang Rp 150 ribu, jika Anda tertarik mencobanya. (Tnt/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.