by Silvanus Alvin

Mahfud: Politik Kita Itu Oligarki, Sudah Sangat Feodal

  • Politik
  • 0
  • 25 Mei 2013 11:52
Mantan Ketua MK Mahfud MD menegaskan bila sistem politik di Indonesia saat ini bukan politik demokrasi, melainkan politik oligarki.

"Sekarang politik kita itu oligarki. Sistem politik di mana keputusan itu diambil oleh elite yang berkuasa. Jadinya, orang yang berkuasa, tinggal kita tunggu titahnya, sudah sangat feodal," ujar Mahfud dalam diskusi Forum Tanah Air Abadi (Foradi) bertema 'Refleksi Pelaksanaan Hukum dan Politik, 15 Tahun Perjalanan Reformasi' di Gedung Joang, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2013).

Implikasinya, lanjut dia, Indonesia sedang dilanda 4 hal. "Pertama, kita sekarang sedang alami disorientasi, mau ke mana tidak jelas. BBM naik atau tidak, kita tidak tahu. Kedua, dari arah tidak jelas, akan membawa kepada distrust. Ketidakpercayaan publik terhadap parpol."

Ketidakpercayaan tersebut, menurut dia, akan memunculkan poin ketiga, yakni disobidient atau pembangkangan. "Rakyat malah melawan kebijakan-kebijakan karena merasa tidak percaya. Terakhir atau keempat, akan menciptakan disintegrasi," tutur Mahfud.

Meski demikian, selama 15 tahun reformasi, Mahfud masih melihat hal positif yang datang dari produk materi hukum, yang dinilainya bagus.

"Dalam isi materi hukum sudah baik. Apa sih yang kita tidak punya atau ditampung di dalam hukum Indonesia. Tapi gagal dalam penegakan hukum," ucap Mahfud. (Frd/*) (Frd)
Comments
Sign in to post a comment