by

[VIDEO] Kreatif, dari Kulit Pisang dan Jeruk Berubah Jadi Listrik

  • Peristiwa
  • 0
  • 25 Mei 2013 06:19
Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, sebuah lomba daur ulang tingkat pelajar se-Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur digelar di SMAN Kejayaan Pasuruan. Uniknya, dari hasil daur ulang, para pelajar dapat menghasilkan energi listrik.

Puluhan pelajar peserta lomba menunjukkan kebolehannya dalam mendaur ulang berbagai barang di sekitarnya. Satu yang menarik perhatian, karya kreatif daur ulang dari Irfan Amirudin dan Lailatul Nadiah. Keduanya merupakan siswa Kelas VII SMPN Gondang Wetan II. Mereka mencoba berinovasi menggunakan kulit pisang dan kulit jeruk untuk dijadikan energi listrik alternatif.

Mereka memanfaatkan 2 sisir pisang dan 5 buah jeruk untuk diambil kulitnya. Melalui beberapa proses, kandungan glukosa dari kulit pisang dan jeruk itu menghasilkan asam aseta untuk penghantar listrik dan menghasilkan energi listrik sebesar 1,5 Watt.

Tak hanya itu. Daur ulang limbah ini juga bisa dikreasikan untuk membuat kertas atau kerajinan tangan menarik lainnya.

Atas inovasinya itu, panitia menetapkan pasangan Irfan dan Lailatul sebagai pemenang dalam lomba kali ini. Dengan diadakannya ajang seperti ini, diharapkan dapat memunculkan ide-ide kreatif dari murid-murid sekolah sebagai generasi penerus di masa mendatang. (Don/*)
Comments
Sign in to post a comment