Sukses

Pilgub Jateng, Ratusan Pendukung Rustriningsih Dukung Ganjar

Rustriningsih memang tidak menyatakan mendukung satu calon, tapi ia membebaskan pendukungnya untuk memilih.

Ratusan pendukung Rustriningsih yang tergabung dalam Komunitas Pendukung Rustriningsih mendeklarasikan diri mendukung Cagub-Cawagub Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Heru. Dukungan diberikan kepada Ganjar karena ia dianggap paling mempunyai visi dan misi yang jelas.

"Kami ingin mencari seorang sosok pemimpin. Kampanye Ganjar selama ini dengan Trisakti-nya dan itu cita-cita bangsa Indonesia. Mandiri dalam berekonomi, berdaulat dalam politik dan kepribadian dalam kebudayaan," ujar Koordinator Komunitas Rustriningsih, Daryanto Pendet, dalam deklarasinya di Jalan Tanjung, Semarang, Jumat (24/5/2013).

Daryanto yang merupakan seorang seniman teater ini mengatakan, dirinya mengklaim, di bawah koordinasinya terdapat 80 komunitas pendukung Rustriningsih.

"Basis kami bergerak dari Brebes, Tegal, dan Banyumas. Kalau untuk sekretariat, kami belum ada. Kalau kami resmikan pasti nanti dihalang-halangi," ucapnya.

Walau hingga saat ini Rustriningsih belum menyatakan dukungannya kepada salah satu cagub-cawagub, namun ia yakin pilihannya sudah tepat dan tidak akan menyakiti hati Rustriningsih. Sebab Rustriningsih membebaskan pendukungnya untuk memilih siapa pun.

"Rustriningsih memang tidak menyatakan memilih satu calon, tapi ia membebaskan pendukungnya untuk memilih. Ini tanda restu dari beliau. Ini jadi harapan jelas dan tegas, seyogianya Ganjar layak diusung. Ganjar punya visi jelas," katanya.

Terkait dukungannya pada Ganjar, ia pun menegaskan kelompok dan komunitasnya tersebut berdiri sendiri dan bukanlah digerakkan oleh partai pendukung Ganjar, yaitu PDIP.

"Kami nggak punya KTA, kami berdiri sendiri. Bukan orangnya Ganjar. Kami pendukung Ibu Rustriningsih yang mencari pemimpin baru," ujarnya.

Rustriningsih yang saat ini masih menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Tengah memiliki basis dukungan yang kuat. Setelah gagal mendapatkan dukungan dari PDIP, Rustriningsih memilih bungkam dan tak mengalihkan dukungan ke salah satu calon gubernur. (Yus/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini