Sukses

Coret Seragam Rayakan Lulus UN, Siswa Didenda Rp 250 Ribu

Siswa yang merayakan kelulusan dengan cara mabuk-mabukkan selain didenda Rp 250.000, ijazahnya bakal ditahan.

Hasil Ujian Nasional (UN) telah diumumkan. Para siswa yang lulus pun merayakannya. Namun banyak yang merayakakan kelulusan dengan mencorat-coret seragam.

Seluruh SMA di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) memberlakukan aturan tegas dengan menerapkan denda kepada siswa yang merayakan kelulusannya dengan cara mencorat-coret baju seragamnya sebesar Rp 250 ribu

"Sedangkan siswa yang merayakan kelulusan dengan cara mabuk-mabukkan selain didenda Rp 250 ribu juga ditahan ijazahnya oleh sekolah selama 6 bulan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate Mochdar Din di Ternate, Jumat (24/5/2013).

Denda tersebut merupakan kesepakatan seluruh kepala sekolah SMA sederajat di Kota Ternate dalam rapat persiapan pengumuman hasil Ujian Nasional SMA sederajat yang akan dilakukan Jumat sore bersamaan dengan seluruh SMA sederajat lainnya di wilayah Malut.

Dijelaskan dia, ancaman denda tersebut telah disampaikan kepada seluruh siswa termasuk para orang tua mereka dengan harapan bisa mencegah adanya siswa yang merayakan kelulusan dengan mencoret seragam.

Upaya lain yang dilakukan SMA sederajat di Ternate dalam mencegah siswa merayakan kelulusan, yakni dengan cara-cara yang tidak baik adalah mewajibkan semua siswa untuk mengikuti zikir bersama di setiap sekolah sebelum pengumuman hasil UN.

Mochdar menuturkan, hasil UN akan diumumkan pada Jumat sore, pukul 17.00 WIT. Ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah siswa merayakan kelulusannya dengan cara arak-arakan keliling kota menggunakan kendaraan, seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, karena hal itu sangat membahayakan keselamatan para siswa.

Sesuai data dari Dinas Pendidikan Malut, tingkat kelulusan SMA sederajat di Ternate tahun pelajaran 2012-2013 sebesar 96,25 persen atau menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat 99 persen lebih.

Namun, menurut Mochdar, data kelulusan SMA sederajat di Kota Ternate tahun pelajaran 2012-2013 tersebut masih bersifat sementara, karena masih ada sejumlah siswa yang berkasnya dalam pemeriksaan dan tidak tertutup kemungkinan mereka itu juga dinyatakan lulus. (Ant/Riz/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.