Sukses

[VIDEO] Hantaman Tornado di Rusia Lukai 15 Orang

Terjangan badai tornado membuat 1500 warga Kota Yefremov, Provinsi Tula, Rusia tinggal gelap gulita dan mengakibatkan 15 orang terluka.

Angin tornado tidak hanya menerjang wilayah Oklahoma, Amerika Serikat. Angin kencang yang lebih dahsyat dibanding puting beliung itu juga menghantam kawasan Yefremov, Rusia, sehingga melukai sejumlah orang.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (24/5/2013), dahsyatnya angin tornado di Kota Yefremov, Provinsi Tula, terlihat dari beterbangannya berbagai benda yang terekam kamera dari jarak yang relatif jauh. Tak ada warga yang berani mendekat saat bencana itu datang. Peristiwa yang jarang terjadi itu membuat warga kota yang berjarak 300 kilometer dari Moskow tak siap.

Tak ada korban jiwa, namun sebanyak 15 orang terluka. Selain itu puluhan rumah dan kendaraan rusak berat. Padamnya aliran listrik membuat provinsi yang dihuni sekitar 1500 warga itu tinggal dalam kegelapan di sekitar rumah mereka yang sudah rusak. Keadaan darurat diberlakukan. Pemerintah Rusia mengerahkan polisi dan petugas keamanan untuk mencegah penjarahan.

Ssebelumnya angin tornado menghantam Kota Moore, Oklahoma, Amerika Serikat. Kuatnya angin tidak hanya mengakibat 13 ribu bangunan di  jalur sepanjang 27 kilometer luluh lantak, termasuk 2 sekolah dan 1 rumah sakit. Sebanyak 24 orang meninggal dunia. Puluhan ribu warga menjadi tuna wisma.

Warga Oklahoma sempat menyusuri puing-puing bangunan tempat tinggal mereka yang sudah luluh lantak pascaterjangan badai tornado Senin 20 Mei lalu. Mereka berusaha mengumpulkan harta yang masih bisa diselamatkan.

Kerugian akibat badai Tornado itu ditaksir mencapai 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 19 triliun. Angin puting beliung itu juga merenggut 24 jiwa, 10 diantaranya anak anak. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini