Sukses

Bantah Nyoblos Pilkada Jateng, Jokowi: KTP Saya Jakarta

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Tengah akan diselenggarakan pada 26 Mei 2013.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Tengah akan diselenggarakan pada 26 Mei 2013. Jokowi yang juga pernah menjabat sebagai Walikota Solo selama hampir 2 periode, mengatakan dirinya belum mengetahui apakah akan berangkat ke Jateng pada hari itu.

"Belum. Belum tahu," ujar Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu di Balaikota, Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Ia juga membantah dirinya akan ikut mencoblos. Sebab, ia telah menjadi warga DKI Jakarta, dengan kata lain dirinya sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) wilayah Jakarta. "Lho, saya kan KTP Jakarta," kata Jokowi.

Selama ini, Jokowi secara rutin membantu kampanye beberapa calon kepala daerah di beberapa wilayah di Indonesia. Terakhir, pada Minggu 19 Mei 2013 lalu, ia ikut mendukung kampanye Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko yang mencalonkan diri sebagai gubernur dan wakil gubernur Jateng dari PDIP.

Kala itu aktivitas Jokowi menuai keberatan sejumlah pihak. Tapi dia menganggap apa yang dilakukan tidak menyalahi prosedur karena aktivitasnya sebagai jurkam dilakukan di luar jam kerja.

"Ya memangnya kenapa? Itu kan hari libur," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Senin 13 Mei lalu.

Menurut Jokowi, dirinya berhak menentukan aktivitas apa yang akan ia lakukan di luar jam kerja. Ia juga tak peduli adanya pihak yang menyayangkan langkahnya sebagai jurkam selama ini karena posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta. (Ais/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.