by Tan

Hore.. Terminal Tipe B Karawang Segera Dibangun

  • Peristiwa
  • 0
  • 23 Mei 2013 04:18

terminal-bus130522d.jpg
Rencana Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang, yang akan membangun terminal bus tipe B sudah mendapatkan persetujuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
     
"Selain sudah disepakati, juga sudah dialokasikan anggaran Rp 15 miliar dari pemerintah provinsi untuk proyek pembangunan terminal tipe B itu," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika setempat Setya Dharma, di Karawang, Rabu 22 Mei 2013.

Dikatakannya, dengan disetujuinya proyek pembangunan terminal bus tipe B, maka diharapkan proyek pembangunannya bisa segera dimulai. Sehingga pembangunan terminal yang ditargetkan selesai pada 2015 bisa tercapai.

Menurut dia, pembangunan terminal tipe B itu rencananya akan dibangun di atas lahan sekitar 5 hektare di Desa Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur.

Tanda proyek pembangunan yang akan dimulai tahun ini, lanjutnya, akan dilakukan pengurugan tanah seluas sekitar 5 hektare. Anggarannya bersumber dari APBD Perubahan Karawang 2013, sebesar Rp 8 miliar untuk kebutuhan pengurugan tanah.

Sedangkan untuk pembangunan fisik terminalnya akan dimulai pada 2014, dengan total anggaran mencapai sekitar Rp 60 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Karawang dan Pemprov Jawa Barat.

"Proses pembangunan terminal itu direncanakan berlangsung sejak 2014 sampai 2015," terangya.

Sementara sesuai dengan perencanaan, terminal bus tipe B yang akan dibangun itu mampu menampung 620 bus antarkota dalam provinsi atau bus tiga perempat dan sebanyak 215 bus antarkota antarprovinsi.

Pembangunan terminal tipe B itu sendiri bertujuan untuk mengganti Terminal Klari yang kini kondisinya sudah tidak memadai.

Dengan tingkat mobilitas angkutan umum yang cukup tinggi, Terminal Klari yang hanya seluas 1.188 meter persegi dinilai sudah tidak layak lagi. (Ant/Tnt)

Credit: Tanti Yulianingsih

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler