Sukses

Serahkan Perbaikan DCS, PKS Tambah 2 Bacaleg

Taufik menuturkan, ada 4 bacaleg yang mengundurkan diri. Namun, kepergian 4 orang itu tak mengurangi jumlah DCS karena segera dilakukan penggantian untuk mengisi kekosongan yang ada.

12 Partai politik telah menyerahkan perbaikan daftar caleg sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk PKS. Dalam perbaikan DCS-nya, PKS menambahkan 2 bacaleg.

"Jadi perbaikan sekarang dari 492 menjadi 494 orang bakal caleg, ada nambah 2 orang," kata Sekretaris Jenderal (Sekjend) PKS Taufik Ridho di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Taufik menuturkan, ada 4 bacaleg yang mengundurkan diri. Namun, kepergian 4 orang itu tak mengurangi jumlah DCS karena segera dilakukan penggantian untuk mengisi kekosongan yang ada. "Yang mundur ada beberapa tapi tidak terlalu banyak, ada sekitar 4 orang. Alasannya ingin fokus dengan keluarga, rata-rata perempuan," terang dia.

Taufik menjelaskan, keterwakilan perempuan dalam formasi perbaikan DCS ini terpenuhi sebesar 39,7 persen. Dari jumlah 494 bacaleg PKS, sebanyak 194 adalah perempuan. Sementara sisanya laki-laki.

PKS juga memastikan tak ada bacaleg yang berasal dari satu keluarga, misalnya suami-istri. Partai yang dipimpin Anis Matta itu tak ingin ada politik dinasti seperti terjadi di parpol lain.

"Di kita ini ada prinsip tidak boleh suami-istri mencalonkan. Itu jadi prinsip. Ke-2, tidak boleh istri atau suami menjadi pejabat publik. Jadi kalau suami-istri tidak ada," pungkas Taufik. (Ndy/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.