Sukses

Jokowi Sebar 1,7 Juta KJS Model Baru Pekan Ini

KJS model baru ini dilengkapi dengan chip yang berisi data diri para warga. Sehingga warga tidak perlu bawa KTP saat berobat.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mendistribusikan 1,7 juta Kartu Jakarta Sehat (KJS) di 5 wilayah kota administrasi. Menurut pria yang karib disapa Jokowi ini, proses pendistribusian akan dilakukan pada minggu ini.

"Sebanyak 1,7 juta KJS akan kami bagikan minggu ini di semua titik. Waktunya kalau tidak Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, atau Senin," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (22/5/2013).

"Nanti saya yang bagi, di puskemas-puskesmas. Karena ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, jadi harus segera dibagikan," tambah mantan Walikota Solo, Jawa Tengah ini.

Menurut Jokowi, KJS yang akan disebar itu merupakan kartu jenis baru. Kartu yang sudah dilengkapi dengan perangkat chip berisi data diri pemilik. "Nanti ada chip-nya ini, jadi bisa dibaca, kayak master laser (scanner). Nanti data keluar," ujarnya.

Jokowi menolak menyebutkan besar anggaran yang digelontorkan untuk membuat kartu model baru ini. Namun dia memastikan pembuatan kartu tidak terlalu banyak memakan anggaran. "Itu murah, cuma buat kartunya sama beli ini doang (alat scanner)," tutur dia.

Dengan KJS model baru ini, warga tidak perlu membawa kartu tanda penduduk (KTP) ataupun kartu keluarga saat berobat. Sebab, chip dalam KJS model baru ini sudah merekam identitas warga. "Kan datanya sudah tersimpan di sana (chip)," ucap Jokowi. (Eks/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.