Sukses

Serahkan Perbaikan DCS ke KPU, Golkar Ganti 2 Bacaleg

"Ada 2 yang diganti. Pertama yang kita ganti karena dia harus urus ijazah sekolah di Belanda. Sedangkan 1 lagi mundur karena suaminya maju jadi bacaleg," kata Hakim.

Partai Golkar telah menyerahkan perbaikan berkas daftar caleg sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai berlambang Pohon beringin itu telah mengganti 2 bacaleg dari 560 bacaleg yang didaftarkan. Sementara sisanya, tetap pada daerah pemilihan dan berikut nomor urut sebagaimana yang didaftarkan pertama kali ke KPU.

"Ada 2 yang diganti. Pertama yang kita ganti karena dia harus urus ijazah sekolah di Belanda. Setelah diestimasikan waktunya sempat atau tidak, kita juga siapkan cadangan. Hari ini ternyata yang masuk cadangannya dari Dapil Papua," kata Pengurus DPP Partai Golkar, Hakim Kamarudin di kantor KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Ia menjelaskan untuk perubahan nomor urut hanya terjadi di 3 daerah pemilihan saja yakni NTB, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. "Itu karena urutan perempuannya tidak urut. Dapil NTB, Sumsel dua dengan Jatim VI," jelas Hakim.

Sedangkan, 1 bacaleg Golkar lainnya yang mundur datang dari dapil Jawa Barat V. Semula istrinya maju sebagai bacaleg, belakangan suaminya ikut maju juga. Akhirnya, karena takut disorot publik, sang istri mengundurkan diri sementara suaminya tetap menjadi bacaleg.

Hakim menjelaskan dari 560 berkas bacaleg Partai Golkar, hasil verifikasi KPU sebelumnya menyatakan 220 berkas bacaleg tidak memenuhi syarat sedang sidanya lolos. Namun, pihaknya optimis seluruh berkas bakal calon legislatif DPR yang diserahkan hasil perbaikan ke KPU itu memenuhi syarat.

"Administrasi yang kurang rata-rata kesehatan. Karena ada dokter dan RS disatukan, tanpa ada keterangan jasmani dan rohani. Sekarang kita pisahkan antara keterangan sehat jasamani dan rohani," tukas Hakim. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.