Sukses

Juru Bicara FPI Munarman Dicoret dari Daftar Caleg PPP

Munarman digantikan oleh Ibnu Hajar Dewantara, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPP Sumatera Selatan. Sementara, Emilia Contessa yang semula nomor urut 1 di Jawa Timur III, memilih maju lewat DPD.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah memenuhi revisi daftar calon anggota legislatif. 2 Nama yang dicoret antara lain juru bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman dan artis senior Emilia Contessa.

"Munarman yang semula nomor urut 1 di Sumatera Selatan II, tidak lagi termuat dalam revisi daftar caleg karena sejumlah pertimbangan," kata Sekretaris Jenderal PPP M Romahurmuziy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Munarman digantikan oleh Ibnu Hajar Dewantara, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPP Sumatera Selatan. Sementara, Emilia Contessa yang semula nomor urut 1 di Jawa Timur III, memilih maju lewat Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Emilia digantikan oleh Anas Tohir, Sekretaris Majelis Syariah DPP PPP. Bakal caleg nomor urut 1 PPP juga berubah di Bali, NTT II dan Papua Barat," ujar politisi yang akrab disapa Romy ini.

Menurut Romy, perubahan signifikan hanya terjadi di 5 daerah pemilihan yakni Sumatera Selatan II, Jawa Timur III, Bali, NTT II dan Papua Barat. Dengan begitu, kata Romy, PPP memenuhi tenggat revisi pencalegan.

"Jumlah caleg yang melengkapi berkasnya berdasarkan pendaftaran sore ini oleh PPP sebanyak 547 orang di 77 daerah pemilihan, terdiri atas 333 laki-laki dan 214 perempuan (39,1%)," ujar dia.

Dengan revisi ini, lanjut Romy, dari bakal caleg yang diajukan PPP sebanyak 547 orang, sebanyak 235 berkualifikasi S-1, 133 bergelar S-2, dan 14 orang S-3. PPP memenuhi kuota perempuan 30% di seluruh daerah pemilihan. (Ism/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.