Sukses

Syarief Hasan: Caleg PD dari Keluarga Inti Tak Lebih dari 2 Orang

Keluarga inti yang dimaksud Syarief yakni keluarga kandung, seperti kakak-adik, anak-orangtua, atau suami-istri. Tidak untuk kerabat seperti hubungan sepupu, keponakan, ipar, dan sejenisnya.

Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menjamin nama-nama calon anggota legislatif dari Partai Demokrat bersih dari dinasi politik. Demokrat menekankan, setiap keluarga inti dari kader tidak boleh lebih dari 2 orang yang maju sebagai calon legislatif.

"Caleg-caleg yang kami serahkan hari ini semuanya bebas dari dinasti politik. Kami menerapkan bahwa setiap kader inti dalam satu keluarga tidak boleh lebih dari 2 orang. Sekalipun mereka itu kader-kader yang selama ini sudah berjuang bersama kami," kata Syarief di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2013).

Keluarga inti yang dimaksud Syarief yakni keluarga kandung, seperti kakak-adik, anak-orangtua, atau suami-istri. Tidak untuk kerabat seperti hubungan sepupu, keponakan, ipar, dan sejenisnya.

"Agus Hermanto ada 2 yang maju. Saya sama Inggrid, Didi Irawadi dan bapaknya Amir Syamsuddin, serta Suaedy Marasabessy dengan istrinya. Sebetulnya, mereka itu kader-kader yang dari awal, bukan kader baru masuk," ujar Syarief.

Menurutnya, ketentuan dan kebijakan ini dikeluarkan agar bisa memberikan kesempatan yang luas kepada kader Demokrat lainnya, untuk berjuang bersama-sama pada 2014. Komposisi kuota perempuan dari Demokrat mencapai 37 persen.

"Ada 26 caleg baru karena kami mengadopsi masukan masyarakat, maka kami melakukan pergantian. Memang sejak awal kami menerapkan kebijakan yang transparans untuk semua," ujar politisi yang juga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ini. "Hampir semua yang kami serahkan kemarin itu tetap. Hanya berubah sedikit."

Dinasti

Sebanyak 15 orang dari keluarga Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono masuk dalam daftar caleg Partai Demokrat. Namun, Sekretaris Dewan Pembina Jero Wacik sudah menampik adanya tuduhan KKN.

"Ini bukan nepotisme," tegas Jero Wacik kepada Liputan6.com usai mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2013 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2014, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa 30 April lalu.

Berikut daftar nama keluarga SBY yang masuk DCS:
1. Edhi Baskoro Yudhoyono (anak SBY) Dapil Jatim VII
2. Hartanto Edhi Wibowo (adik ipar SBY) Dapil Banten III
3. Sartono Hutomo (sepupu SBY) Dapil Jatim VII
4. Mexicana Leo Hartanto (keponakan SBY) Dapil DKI Jakarta I
5. Putri Permatasari (keponakan Agus Hermanto) Dapil Jateng I
6. Agung Budi Santoso (keluarga Hadi Utomo) Dapil Jabar I
7. Sri Hidayati (adik ipar Agung BS)
8. Drg Lintang Pramesti (anak Agus Hermanto) Dapil Jabar VIII
9. Indri Sulistiyowati (keponakan Hadi Utomo) Dapil NTB
10. Decky Hardijanto (keponakan Hadi Utomo) Dapil Jateng V
11. Nurcahyo Anggorojati (anak Hadi Utomo yang juga ipar SBY) Dapil Jateng VI
12. Dwi Astuti Wulandari (anak Hadi Utomo) Dapil DKI Jakarta I
13. Agus Hermanto (adik ipar SBY) Dapil Jateng I
14. Sumardani (suami Indri Sulistiyowati) Dapil Riau I
15. Putut Wijanarko (suami Sri Hidayati) Dapil Jatim VI.

(Ism/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.