Sukses

Hari Terakhir, Baru 6 Parpol Kembalikan DCS ke KPU

Baru 6 dari 12 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014 yang sudah mengembalikan perbaikan berkas Daftar Caleg Sementara (DCS) ke KPU.

Baru 6 dari 12 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014 yang sudah mengembalikan perbaikan berkas Daftar Caleg Sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Padahal Rabu (22/5/2013) ini, adalah hari terakhir batas pengembalian berkas DCS.

Ke-6 Parpol itu di antaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sekjen KPU Arief Budiman mengatakan, KPU memberikan kesempatan pengembalian berkas perbaikan Daftar Caleg Sementara (DCS) kepada seluruh parpol hingga pukul 16.00 WIB. Lewat dari batas waktu itu, KPU menolak atau mencoret nama bakal calon legislatif.

"Tanggal 22 Mei hari terakhir Parpol menyerahkan berkas perbaikan sampai pukul 16.00 WIB. Lewat dari itu sudah tak ada penerimaan, kalau ada dicoret. Tapi untuk pemeriksaan berkas yang sudah masuk tidak apa-apa sampai tanggal 23 Mei," ujar Komisioner KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Ia menambahkan, terkait penggantian bakal caleg (Bacaleg), KPU memberikan 2 syarat pengecualian. Pertama jika calon yang bersangkutan meninggal dunia, dan kedua jika calon yang bersangkutan mendapat usulan masyarakat.

"Misalnya berkas sudah masuk, terus ada laporan masyarakat ternyata ijazahnya palsu. Itu boleh diganti setelah penyerahan DCS. Namun identitas harus jelas, kalau nggak jelas usulan itu tidak akan diproses," jelas Arief.

Sementara bagi bacaleg yang harus memperbaiki administrasi terkait ijazah menimba ilmu di luar negeri, yang bersangkutan cukup meminta legalisir di Dinas Pendidikan terkait. Namun, Ia Arief belum dapat memastikan jadwal KPU menuntaskan pemeriksaan seluruh berkas perbaikan itu. Yang jelas, KPU akan secepatnya melakukan verifikasi atau pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan dokumen.

"Belum besok kita publish, apalagi yang partai nanti nyerahin pukul 16.00 sore, bisa diperiksa sampai subuh tuh," tukas Arief. (Adi/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini