Sukses

KPK Bakal Panggil Paksa Asisten Luthfi Hasan

Asisten pribadi Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Zaky akan dipanggil paksa oleh KPK karena sudah tiga kali mangkir.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali merencanakan memanggil asisten pribadi Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Zaky sebagai saksi pada kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

Pemanggilan ketiga ini dapat juga sekaligus menjadi pemanggilan paksa jika yang bersangkutan tetap tak bersikap koopertaif dengan KPK.

"Sudah dua kali Ahmad Zaky dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi, dua kali pula yang bersangkutan tidak hadir," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

"Ini bisa saja dipanggil paksa, tapi penyidik yang menentukan, tergantung penyidiknya," lanjut Johan.

Terakhir diperiksa, Ahmad Zaky yang turut dibawa penyidik KPK ke kantor DPP PKS untuk menunjukkan mobil milik Luthfi Hasan yang diparkir di sana sempat kabur. Zaky kabur saat penyidik sedang bernegosiasi dengan pihak keamanan setempat untuk menyita enam mobil mewah yang diduga terkait dengan tindak pencucian uang Luthfi Hasan.

"Ahmad Zaky pernah diperiksa di KPK. Setelah itu kita memanggil lagi dan belum hadir sampai hari ini," ucap Johan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini