Sukses

Penggusuran Warga Buaran, Jokowi: Jangan Sampai Buat Keributan

Jokowi berjanji akan berkunjung ke Buaran untuk mengetahui perkara penggusuran oleh PT Graha Cipta Karisma.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji akan mengunjungi warga di RT 08 RW 12 Buaran, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, untuk mengetahui perkara penggusuran oleh PT Graha Cipta Karisma (GCK). Pria yang karib disapa Jokowi ini belum bisa mengomentari upaya penggusuran ini.

"Saya belum ke lapangan, jadi belum bisa ngomong. Nanti dalam waktu dekat saya ke lapangan, melihat, baru bisa," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Menurut Jokowi, masalah sengketa lahan di Jakarta sangatlah banyak, baik yang melibatkan pemilik lahan pribadi maupun sengketa dengan perusahaan. Ia pun mengaku setiap hari banyak mendapatkan laporan terkait hal itu.

"Di Jakarta namanya lahan bersengketa tidak hanya puluhan, tidak hanya ratusan, tidak hanya ribuan, banyak banget. Tiap hari gonta-ganti ke saya. Ada satu tempat tumpuk-tumpuk pemilik lahan," kata dia.

Dia pun berharap, penyelesaian sengketa lahan bisa dilakukan dengan cara dialog, bukan dengan cara kekerasan. "Yang baiklah, jangan sampai buat keributan," ucap Jokowi.

Pada Jumat 17 Mei, ratusan warga Buaran berdemonstrasi menolak penggusuran tempat tinggal mereka oleh PT Graha Cipta Karisma (GCK). Warga mengklaim upaya penggusuran itu berlangsung secara tiba-tiba, tanpa ada upaya dialog. (Eks/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.