Apa Kaitan Pushtun, Luthfi Hasan dan Darin Mumtazah?

  • Peristiwa
  • 0
  • 21 Mei 2013 17:50

darin-mumtazah-luthfi-130521c.jpg
Dalam percakapan antara mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dan Ahmad Fathanah terungkap keduanya pernah berbicang mengenai perempuan. "Aafwan pertama istri-istri antum sudah menunggu semua ini," kata Fathanah kepada Luthfi.

"Yang pustun pustun apa Jawa Sarkia?" jawab Luthfi.

"Pustun," jawab Fathanah.

Pushtun itu biasanya adalah sebutan bagi etnis Pakistan, Iran, dan Uzbekistan. Sedangkan Jawa sarkia adalah suku Jawa. Sedangkan sarkia maksudnya adalah timur.

Luthfi Hasan hanya tersenyum saja saat ditanya mengenai pushtun dalam perbincangan dengan Fathanah itu. Dia tak menjelaskan maksud pushtun ini sebelum diperiksa KPK.

Namun, dalam perkembangan kasus suap dan cuci uang impor daging ini, KPK pernah memanggil seorang siswi bernama Darin Mumtazah. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk Luthfi Hasan. Namun, Darin tak datang dalam pemanggilan KPK.

Siapa Darin? Ketua RT tempat dia menetap, Didi, menyatakan, Darin adalah salah satu warganya. Keluarganya pernah mengontrak di salah satu rumah di kawasan Cipinang, Jakarta Timur.

"Mereka mengontrak di sini 1 tahun baru berjalan 8 bulan. Harga kisaran Rp 80-100 juta setahun," kata Didi saat ditemui Liputan6.com, Selasa (21/5/2013).

Didi menjelaskan, keluarga Darin adalah keturunan Arab. "Mereka keturunan Arab, saya sudah pernah minta data-data ke Pak Ziad (ayah Darin), tapi katanya nanti saja, itu terus dikatakan sampai hari ini tak pernah diberi," ujarnya.

Menurut keterangan satpam perumahan, Suyitino, dia pernah menemui Luthfi Hasan di kediaman ini sekitar 2012. "Saya pernah memijit Pak Luthfi di sini. Waktu itu dikenalkan ibunya Darin. Pak Luthfi menginap 2 hari di sini," kata Suyitino di dekat kediaman Darin.

Sementara Juru bicara PKS Mardani Ali Sera menegaskan Darin bukanlah kader partai. "Tidak, tidak kenal," kata Mardani.

Luthfi Hasan dijerat KPK dalam 2 kasus, yakni suap impor daging sapi dan cuci uang. KPK sudah menyita sejumlah aset Luthfi.

Kaitan antara pushtun, Luthfi, dan Darin pun masih tanda tanya. (Ary/*)

Credit: Ary

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler