Sukses

[VIDEO] Perawat Lompati Pagar Gedung DPR

Para pendemo doihadang aparat saat akan membentangkan spanduk di halaman gedung DPR/MPR dan memblokir Jalan Raya Gatot Subroto.

Sejumlah perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) nekat memanjat pagar Gedung DPR/MPR karena tidak diizinkan masuk ke dalam gedung wakil rakyat itu. Mereka menuntut pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Keperawatan 2013.

Pantauan Liputan 6 SCTV di Jakarta, Senin (21/5/2013), para pendemo yang kesal karena tidak ada tanggapan dari anggota DPR memblokir Jalan Raya Gatot Subroto. Unjuk rasa itu mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Semanggi menuju Grogol macet total. Sejumlah perawat pun nekat memanjat pagar gedung agar dapat masuk ke halaman gedung.

Namun saat berada di dalam halaman gedung, para perawat yang berpakaian dan bercelana putih itu bersitegang dengan aparat keamanan. Pendemo yang akan membentangkan spanduk terlibat saling rebut dengan petugas. Ribuan pendemo yang ingin masuk gedung juga sempat saling dorong dengan polisi.

Para perawat menuntut pemerintah segera mengesahkan Undang-Undang Keperawatan 2013 agar bisa memaksimalkan kinerja para perawat serta memberikan kesejahteraan yang layak.

Rencananya pendemo akan menggelar aksi serupa di depan Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu 22 Mei besok.

Selain menuntut disahkannya RUU Keperawatan, PPNI juga minta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memecat Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, mendesak DPR membentuk Pansus RUU Keperawatan, dan meminta DPR memanggil 5 Menteri terkait. (Adi/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini