Sukses

Tornado Hantam Oklahoma, Konjen RI: Semua WNI Selamat

Meski menewaskan 37 orang, namun warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sana dilaporkan selamat.

Tornado menghantam kota Moore dan sekitarnya, sebuah kota kecil yang terletak di selatan Oklahoma City, Amerika Serikat (AS), Senin 20 Mei, waktu setempat. Meski menewaskan 37 orang, namun warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sana dilaporkan selamat.

Menurut Konsul Jenderal RI di Houston Al Busyra Basnur, angin dengan kecepatan 200 mil perjam itu telah memporakporandakan Oklahoma. Bahkan Gubernur Oklahoma, Mary Fallin menyatakan keadaan darurat untuk 16 county di wilayah yang diterjang Tornado.
 
"Konsulat Jenderal RI di Houston telah menghubungi beberapa masyarakat dan diaspora Indonesia yang berada di wilayah yang dilanda Tornado, didapat informasi bahwa sampai saat Press Release ini dibuat, warga negara Indonesia dalam keadaan baik," ungkap Al Busyra dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (21/5/2013).
 
Sementara, lanjut dia, menurut informasi dari masyarakat Indonesia, satu keluarga diaspora Indonesia yang telah menjadi WN AS di kota Moore kehilangan rumah dan mobilnya akibat terjangan Tornado. Beruntung, mereka kini berada dalam keadaan selamat.
 
Al Busyra mengaku telah berupaya beberapa kali menghubungi keluarga diaspora Indonesia yang mendapat bencana tersebut melalui no ponsel yang diberikan masyarakat Indonesia, namun belum bisa terhubung. Warga negara dan diaspora Indonesia yang tinggal di kota Moore tidak lebih 10 orang.
 
"Mengingat Tornado ini diperkirakan akan berlanjut dan akan melalui beberapa kota lain, KJRI Houston mengimbau masyarakat Indonesia yang ada dikawasan itu agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan, saling memberi info tentang keadaan masing-masing dan mematuhi himbauan maupun perintah dari otoritas dan pemerintah setempat," paparnya.  
 
"KJRI Houston akan terus memonitor dan memastikan kondisi masyarakat Indonesia akibat Tornado tersebut," tutup Al Busyra. (Mut/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini