Sukses

[VIDEO] Masuk Aceh Tanpa Izin, Pesawat Militer AS Ditahan TNI AU

Pesawat militer AS itu awalnya terbang dari Maldives, Srilanka, menuju ke Singapura dengan membawa 2 orang penumpang dan 3 kru pesawat.

Sebuah pesawat militer asal Amerika Serikat (AS) terpaksa ditahan TNI Angkatan Udara saat landing di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, Senin 20 Mei sore. Penahanan tersebut dilakukan karena pesawat tidak memiliki surat izin penerbangan.

Pesawat militer AS itu awalnya terbang dari Maldives, Srilanka, menuju ke Singapura dengan membawa 2 orang penumpang dan 3 kru pesawat. Namun saat melintas di wilayah Aceh Utara, pesawat militer jenis Dornier 328 ini tertangkap radar dan dipaksa mendarat oleh TNI AU.

Setelah mendarat, sang kapten pilot ternyata tak memiliki izin penerbangan memasuki wilayah Indonesia, dan seluruh awak pesawat diminta turun guna mengurus perizinan terlebih dahulu.

"Pesawat itu awalnya ditangkap radar kita, ternyata dia tidak memiliki izin," ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Supri Abu.

Hingga kini TNI AU Pangkalan Sultan Iskandar Muda tidak mengizinkan pesawat militer asal negeri Paman Sam tersebut untuk melanjutkan penerbangannya sebelum mereka melengkapi surat izin. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini