Sukses

[VIDEO] Bupati Tasikmalaya Tinggalkan Dialog, Warga Mengamuk

Kericuhan terjadi lantaran Bupati Tasikmalaya tiba-tiba meninggalkan dialog dengan warga.

Kericuhan antara pengunjuk rasa dan polisi kembali terjadi. Kali ini di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin 20 Mei kemarin.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (21/5/2013), kericuhan itu pecah lantaran Bupati Tasikmalaya yang tadinya sedang berdialog dengan warga tiba-tiba meninggalkan ruangan. Dialog itu sendiri dilakukan terkait permintaan pengunjujk rasa yang menolak kegiatan penambangan pasir besi di Cipatujah, Tasikmalaya.

Para pengunjuk rasa merasa kesal dengan tindakan Bupati Tasikmalaya yang dengan tiba-tiba meninggalkan dialog di ruangan kantornya. Akibatnya, para pengunjuka berteriak memprotes sikap Bupati. Hingga akhirnya bentrok dengan petugas polisi yang sedang melakukan penjagaan.

Untuk mengatasi bentrokan yang lebih besar lagi, sejumlah petugas polisi berusaha menghentikan kericuhan itu. Namun, upaya tersebut gagal diatasi. Bentrokan tetap saja terjadi.

Para pengunjuk rasa yang mengatasnamakan Penyelamat Tasikmalaya Jawa Barat ini menolak kegiatan penambangan pasir besi di Cipatujah. Alasan penolakan dikarenakan kegiatan penambangan tersebut telah merusak infrastruktur dan lingkungan alam sekitar.

Selain itu, kegiatan penambangan itu juga berdampak pada ladang pertanian yang menjadi mata pencaharian warga sekitar ikut mengalami kerusakan. Untuk itu, para pengunjuk rasa mendesak agar kegiatan penambangan itu harus segera ditutup karena tidak menguntungkan warga. (Osc/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.