by Hanz Jimenez Salim

Tampung Warga Waduk Pluit, Rusun Muara Baru Tambah 8 Blok

  • Peristiwa
  • 0
  • 20 Mei 2013 22:28
Dinas Perumahan DKI Jakarta tak hanya akan menertibkan penghuni Rusun Muara Baru guna menampung warga dari bantaran Waduk Pluit. Sebanyak 6 hingga 8 blok baru di Rumah Susun Muara Baru juga akan disiapkan.

Kepala Dinas Perumahan Jonathan Pasodung menargetkan penambahan blok baru tersebut akan selesai di akhir tahun 2013.

"Kita akan tambah 6 sampai 8 blok baru di rusun Muara Baru. Per blok itu dapat menampung 100 unit, kalau penambahannya bisa sampai 8 blok berarti ada penambahan sekitar 800 unit siap huni. Targetnya, penambahan blok ini selesai akhir tahun nanti. Dengan begitu, warga dari bantaran Waduk Pluit bisa segera dipindahkan ke Rusun," kata Jonathan di Jakarta, Senin (20/5/2013).

Awalnya, jelas Jonathan, pihaknya berencana akan membangun 5 tower lagi di Rusun Muara Baru dengan kapasitas 1.500 unit. Namun wacana itu enggan direalisasikan dikarenakan warga tidak terbiasa menggunakan lift.

"Kami sebelumnya berencana membangun 5 tower dengan kapasitas 1.500 unit dengan 12 sampai 16 lantai. Tower setinggi Itu kan harus pakai lift dan tak mungkin kalau dengan tangga. Tapi itu hanya wacana karena menurut kami warga tak familiar dengan lift," tambah Jonathan.

Selain akan menata Rusun Marunda, pihak Dinas Perumahan juga akan menata Rusun yang lain yang ada di Jakarta Utara semisal seperi Rusunawa Marunda di Cilincing.

"Ya, kami akan menata Rusun lainnya. Rusunawa Marunda akan kita renovasi 11 bloknya supaya bisa ditempati warga Waduk Pluit yang akan direlokasi," tuturnya.

Sementara itu, terkait pemindahan warga sisi barat Bantaran Waduk Pluit, pihak kecamatan Penjaringan telah mengeluarkan data penduduk yang sudah direlokasi. Berikut adalah data yang sudah tercatat:

- Kebon Pisang: 68 KK ke Rusun Cengkareng, 20 KK pulang kampung, 40 KK mengontrak di tempat lain, 22 KK mencari tempat sendiri.
- Taman Burung: 52 KK ke Rusun Cengkareng, 39 KK ke Rusun Pinus Elok, 8 KK ke Rusun Muara Baru, 59 KK menunggu Rusun Muara Baru, 154 KK mengontrak, 8 KK mencari tempat sendiri.
- Garuda Mas:10 KK ke Rusun Muara Baru, 2 KK ke Rusun Cengkareng, 10 KK ke Rusun Pinus Elok, 76 KK menunggu Rusun Muara Baru, 12 KK mengontrak. (Mut)

(Raden Trimutia Hatta)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler