Sukses

[Galeri Foto] Temu Muka Jokowi dan Warga di Waduk Pluit

Sempat berlangsung alot, kini rencana normalisasi Waduk Pluit mendapatkan restu warga.

Sempat berlangsung alot, kini rencana normalisasi Waduk Pluit mendapatkan restu warga. Sebanyak 7 ribu penduduk yang sempat mendiami bantaran waduk itu kini memberikan restunya atas niat baik Pemprov DKI Jakarta mencegah banjir.

Warga yang dulu menyatakan Pemprov DKI melanggar HAM karena harus melakukan penggusuran demi normalisasi Waduk Pluit ini kini berbalik 180 derajat. Atas inisiatif sendiri, warga membongkar dan mempreteli bangunan tempat tinggal mereka. Untuk pembongkaran yang dilakukannya, mereka dibayar Rp 120 ribu per orang oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Sedangkan Pemkot Jakut memfokuskan pembongkaran terhadap 4 tempat usaha di Waduk Pluit. Keempat tempat usaha itu, yakni usaha futsal, tanaman hias, las tangki dan batu alam, serta usaha alat berat. Pembongkaran rumah warga akan dilakukan setelah sejumlah rusun siap untuk ditinggali.

"Sambil menunggu rusun untuk relokasi warga Waduk, kami lakukan pendekatan dan sosialisasi. Agar warga setidaknya menjadi tenang dan dapat mendukung proyek ini," kata Sekretaris Camat Penjaringan, Yani Wahyu Purwoko di Waduk Pluit, Jakarta, Senin (20/5/2013).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi pun akhirnya bertemu muka dengan warga yang sebelumnya sempat mengadukan dirinya ke Komnas HAM itu. Di sana dia diterima baik. Jokowi pun sempat bercengkrama sembari meninjau jalannnya pembongkaran bangunan di Waduk Pluit.

"Gimana Bu, apa keluhannya?" tanya Jokowi kepada salah satu warga di bantaran Waduk Pluit.

"Ini Pak, saya nanti tinggal di mana kalau rumah-rumah kita dibongkar?" tanya balik si Ibu.

"Disiapin rusun dulu ya, Bu. Nanti kita bikinin rusun buat Ibu dan warga-warga Waduk Pluit tinggal," ujar Jokowi.

Tak datang dengan tangan kosong, mantan Walikota Solo itu juga membawa puluhan buku tulis untuk dibagikan kepada sejumlah anak-anak kecil di sana. Menyambut pemberian dari gubernur yang namanya mendunia itu, wajah-wajah sumringah terpantul dari para warga.

Berikut Galeri Foto Temu Muka Jokowi dan Warga di Waduk Pluit.

(Ndy/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini