Sukses

Replika Monorel dari China Mejeng di Monas 22 Juni

Replika monorel yang akan dipajang di lapangan silang Monas pada 22 Juni nanti didatangkan perusahaan asal China.

Rencananya bertepatan dengan hari ulang tahun ke-486 DKI Jakarta pada 22 Juni nanti, PT Jakarta Monorail akan mendatangkan replika monorel. Monorel ini akan mejeng di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

"Berdasarkan jadwal, kereta akan tiba pada akhir Mei 2013 ini, setelah itu akan kita lakukan persiapan lebih dahulu. Dan bertepatan pada ulang tahun Jakarta akan kita pamerkan di Monas," ujar Direktur Teknik PT Jakarta Monorail Bovanantoo di Jakarta, Senin (20/5/2013).

Kereta contoh itu, lanjut Bovanantoo, didatangkan dari perusahaan asal China, yaitu CNR Changchun Railway Vehicle Co, Ltd. Perusahaan itu dianggap memiliki reputasi karena merupakan perusahaan penyedia armada kereta monorel di kota-kota besar China.

"Perusahaan itu telah memproduksi rolling stock (kereta) monorel yang saat ini beroperasi di Kota Chongqing dan beberapa kota lain di China," ucap Bovanantoo.

Ketika dihubungi secara terpisah, Direktur Pengembangan Bisnis Ortus Holding Banyu Biru Djarot selaku pihak investor PT Jakarta Monorail menyatakan telah menyelesaikan persoalan terkait pembelian saham PT Adhi Karya di PT Jakarta Monorail.

"Satu per satu selesai dan secara finansial, kami sudah mempersiapkan kewajiban-kewajiban kami, termasuk pembelian saham PT Adhi Karya di JM. Sudah lunas," kata dia.

Sedangkan terkait pembayaran tiang-tiang monorel yang selama ini mangkrak di sepanjang Jalan Rasuna Said dan Jalan Asia Afrika, Banyu mengatakan, pihaknya telah menemukan kesepakatan terkait mekanisme pembayaran.

"Ini masih menunggu seperti yang sudah disepakati. Pembayaran sebesar Rp 190 miliar akan dibayarkan Ortus setelah semua terms and conditions terpenuhi," jelas Banyu. (Ais/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.