Panggung di Atas Laut Festival Teluk Jailolo Cetak Rekor Muri

By Riz

on May 19, 2013 at 11:11 WIB

Penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat, pada 16 sampai 18 Mei 2013, berhasil mengukir 2 rekor Museum Rekor Indonesia atau Muri. Rekor itu diraih atas penggunaan panggung pertujukan permanen di atas permukaan laut dan pengiriman 5.000 kartu pos bergambar objek wisata di daerah itu.

"Rekor Muri yang berhasil diukir pada Festival Teluk Jailolo adalah penggunaan panggung pertujukan permanen di atas permukaan laut," kata Ketua Umum Panitia Festival Teluk Jailolo Abjan Sofyan di Ternate, Maluku Utara, Minggu (19/5/2013).

Dijelaskan dia, penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo tahun 2012 lalu, juga mengukir 1 rekor Muri, yakni rekor bakar ikan secara bersamaan. "Sebanyak 10 ton ikan hasil tangkapan nelayan setempat itu kemudian dinikmati secara gratis oleh pengunjung," tutur Abjan.

Menurut dia, 5.000 kartu pos bergambar objek wisata di Halmahera Barat dikirimkan para pelajar setempat ke seluruh penjuru Indonesia dalam rangkaian Festival Teluk Jailolo itu. Satu di antaranya ditujukan kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Tujuan pengiriman kartu pos bergambar objek wisata di Halmahera Barat tersebut adalah untuk mempromosikan potensi pariwisata Halmahera Barat, sekaligus mengairahkan kembali tradisi pengiriman kartu pos melalui PT Pos Indonesia.

Abjan mengemukakan, Festival Teluk Jailolo yang merupakan kegiatan tahunan Pemkab Halmahera Barat sejak 2009 itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik. Di antaranya penampilan atraksi budaya dari berbagai suku di daerah setempat, seperti atraksi memukul gong dan tifa (gendang) untuk penyambutan tamu agung, yang ditampilkan suku Loloda.

Selain itu, parade gerobak sapi yang melibatkan ratusan petani di Halmahera Barat, ekspedisi burung bidadari, pertunjukan kesenian tradisional Halmahera Barat pada panggung di atas permukaan laut serta pameran kuliner tradisional dan kerajinan tangan.

"Festival Teluk Jailolo tahun ini juga dimeriahkan dengan kegiatan pelestarian lingkungan, seperti penanaman terumbu karang di Teluk Jailolo dan penanaman bibit bakau di pesisir Pantai Teluk Jailolo, yang melibatkan vokalis grub band Noah, Ariel," ujarnya.

Festival yang telah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut juga diisi dengan berbagai jenis lomba yang melibatkan masyarakat setempat dan para wisatawan, seperti lomba memancing, lomba dayung, dan lomba renang.

"Festival ini menarik perhatian masyarakat dari Halmahera Barat dan kota lainnya di Maluku Utara, termasuk wisatawan dari dalam dan luar negeri," tutup Abjan. (Ant/Riz/*)

Credit Rizki Gunawan

Suka artikel ini?
Riz
Riz

  Full bio »

0 Comments