Sukses

Hari Anti-Narkoba, BNN Gelar Detoksifikasi Gratis

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar kampanye dengan tema "Global Action for Healthy Communities without Drugs."

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar kampanye dengan tema "Global Action for Healthy Communities without Drugs." Kampanye itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni 2013.

Dalam kampanye tersebut, akan dilakukan aksi sosial untuk program detoksifikasi massal gratis sepanjang Mei hingga Juni 2013. "Aksi sosial ini untuk membantu memulihkan para pecandu dengan detoksifikasi," ujar Lia, Koordinator Layanan Aksi Detoksifikasi Gratis di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (19/5/2013).

Kampanye itu diselenggarakan bertepatan dengan Car Free Day. Menurut Lia, BNN akan menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang bergerak dibidang pemulihan para pecandu narkoba untuk program detoksifikasi ini.

Menurut Lia, program detoksifikasi gratis ini menargetkan dapat menjaring hingga 150 pencandu narkoba, agar mau mengikuti program tersebut. "Sasarannya pecandu dari kawasan Jakarta, Bogor dan Banten. Namun kami tetap terima dari mana saja, asal uang jalan ditanggung sendiri," imbuh Lia.

Setelah pecandu menyatakan mau mengikuti program pemulihan melalui detoksifikasi, mereka akan dibina oleh para psikolog untuk pemulihan psikologisnya. Para psikolog tersebut berasal dari LSM dan BNN. Dalam program ini, sejumlah obat-obatan disediakan. "Kalau pecandunya mengeluh pusing-pusing dan mulai sakau, kami sediakan painkiller," ujar Lia.

Setelah program detoksifikasi berhasil dijalankan, kata Lia, para pecandu tersebut akan dirujuk ke panti rehabilitasi. "Kami sediakan dua, yaitu di Cawang dan panti Sejahtera. Semua punya LSM," tutur Lia. (Eks/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.