Polisi Bakar Jimat Gembong Geng Motor Klewang

By Eko Huda Setyawan

on May 19, 2013 at 08:30 WIB

Usianya memang sudah tidak muda. Fisiknya juga terlihat tidak kekar perkasa. Dalam sejumlah gambar bahkan terlihat lunglai, tak berdaya. Duduk di lantai dengan tubuh bersandar meja. Tangan terikat ke belakang, muka lebam. Namun, banyak orang takut dengan pria ini.

Dialah Klewang. Gembong sejumlah geng motor yang berbasis di Pekanbaru, Riau. Ada 6 kelompok yang dia bina. Anggotanya ditaksir mencapai 500 orang--kebanyakan remaja. Di kalangan geng motor, Klewang dikenal sakti. Punya jimat.

Inilah yang jadi salah satu faktor mengapa anak buahnya menaruh segan--lebih tepatnya takut--pada pria Brebes, Jawa Tengah ini. "Jimatnya ditaruh di dompet. Ada beberapa jimat, terbuat dari bahan seperti kain," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (19/5/2013).

Jimat itu konon kondang di kalangan geng motor. Bahkan ada pula yang bersaksi melihat kehebatan pria 57 tahun itu. Namun, ini baru sekedar cerita. "Semua anak buah Klewang percaya kekuatan jimat itu," Adang menambahkan.

Namun ternyata jimat itu tidak bisa menyelamatkan sang empunya dari sergapan polisi. Kata Adang, jimat itu tidak sakti seperti cerita-cerita yang beredar. "Kata Klewang itu untuk keselamatan. Tapi nyatanya dia tidak selamat, bisa kami tangkap. Dan bahkan jimatnya sekarang sudah kami bakar, habis," ujarnya.

Kini, polisi telah menangkap Klewang dan 15 anggota geng motornya. Mereka dikenakan berbagai tuduhan, mulai perampokan, perampasan, pemerkosaan, dan sejumlah tindakan kriminal lainnya. "Kami masih memburu anggota Klewang lainnya, kami belum selesai memburu mereka," kata Adang. (Eks)

Credit Eks

Suka artikel ini?
Eko Huda Setyawan
Eko Huda Setyawan

  Full bio »

0 Comments