Sukses

Demokrat Setuju Nama Caleg Dipublikasi di Media Massa

Partai Demokrat setuju bila nama-nama daftar calon legislatif (DCS) dipublikasi di media massa.

Meski KPU tidak mewajibkan mempublikasi nama-nama daftar calon legislatif (DCS) di media massa. Namun sejumlah kalangan meminta agar para calon legislatif yang diusung setiap partai politik dipublikasikan melalui media massa. Tujuannya agar masyarakat dapat menilai dan mengoreksi nama-nama caleg yang dicalonkan setiap parpol.

"Oh iya, bagaimana mungkin publik akan memilih kalau mereka tidak mengetahui nama-nama calon? Agar publik menilai nama-nama calon karena publik yang akan menentukan," ujar Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Saan Mustopa di Jakarta, Sabtu (18/5/2013).

Saan juga mendukung jika para caleg ini bukan hanya nama-nama saja yang dipublikasi di media massa, baik oleh KPU maupun setiap parpol. Minimal profil singkat para calon anggota dewan ini harus disampaikan kepada publik.

"Tentu nanti akan di-publish. KPU juga akan mem-publish nama-nama calon. Sekarang ini kan masih dalam perbaikan di partai, nanti dikembalikan ke KPU. Sehingga masyarakat akan tahu satu per satu calon yang akan diusung partai. Dan masyarakat dapat melacak track record nama-nama calon," ucapnya.

Terkait kesiapan partainya menyerahkan kembali DCS setelah perbaikan kepada KPU, Saan belum dapat memastikan. Yang jelas saat ini partainya masih melakukan perbaikan kekurangan sejumlah syarat administratif dari para caleg yang diusung partainya.

"Saya nggak tahu kapan akan diserahkan ke KPU, tapi sekarang sedang diperbaiki," pungkas Saan. (Frd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.