Sukses

[VIDEO] Gubernur: Butuh 2-3 Hari Evakuasi Korban Freeport

Gubernur Papua, Lukas Enembe, memperkirakan proses evakuasi baru akan selesai 2-3 hari lagi.

Evakuasi korban longsor di pertambangan PT Freeport Indonesia masih terus berlangsung. Belasan karyawan masih terjebak di dalam terowongan mil 74, big gossan, di tambang bawah tanah. Sebuah kamera amatir sempat merekam kepanikan sesaat setelah longsor terjadi.

Video amatir itu merekam sesaat setelah terjadi longsor di mil 74, big gossan, tambang bawah tanah. Saat itu, para karyawan sedang mengikuti pelatihan.

Kepanikan langsung terjadi. Para karyawan yang tidak menjadi korban longsor, langsung berusaha menyelamatkan rekan-rekan mereka yang tertimbun longsor.

Musibah ini terjadi Selasa (14/5), sekitar pukul 07.30 WIT. Diperkirakan, longsor menimbun 1 ruang kelas yang berada tepat di bawah tanah yang longsor.

Menurut data manajemen PT Freeport Indonesia, jumlah karyawan yang mengikuti training sebanyak 40 orang. Tiga orang berhasil menyelamatkan diri.

Dari 37 karyawan yang terjebak, baru 15 orang berhasil dievakuasi. Sementara lima orang tewas. Sejauh ini belum ada lagi korban lain yang berhasil dievakuasi, karena evakuasi dilakukan manual dengan menjebol dinding ruangan kelas dari arah kiri.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, memperkirakan proses evakuasi baru akan selesai 2-3 hari lagi. "Ini karena evakuasi dilakukan manual, kami perkirakan 2-3 hari lagi untuk masuk kelas itu," kata Lukas yang ditayangkan dalam Liputan 6 SCTV, Sabtu (18/5/2013).

Hingga kini, aktivitas pertambangan di Freeport masih dihentikan. Sementara sejumlah karyawan memblokade jalan menuju terowongan 74. (Ary/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.