Sukses

[VIDEO] Warga Buaran Mengamuk Tolak Eksekusi

Dengan membawa senjata bambu runcing, warga juga menggembosi ban puluhan kendaraan bermotor agar Satpol PP dan Polisi tak bisa lewat.

Ratusan warga di Jalan Gusti Ngurah Rai, Buaran, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengamuk dan memblokade jalan. Mereka menolak pengusuran rumah yang telah mereka tempati lebih dari 30 tahun.

Pantauan Liputan 6 SCTV di Klender, Sabtu (18/5/2013), aksi ratusan warga itu membuat arus lalu lintas di Jalan Gusti Ngurah Rai lumpuh total. Warga yang membawa senjata bambu runcing itu juga menggembosi ban puluhan kendaraan bermotor agar kendaraan tak bisa lewat.

Mereka sengaja melakukan hal itu untuk mencegah petugas Satpol PP dan polisi yang rencananya akan mengeksekusi seluruh bangunan yang ditempati warga hari ini. Mereka juga membakar ban bekas di tengah jalan dan merusak Metromini dengan memecahkan kaca.

Seorang ibu terlihat sangat ketakutan dan menangis saat ban mobilnya dikempesi. 

Warga mengatakan akan membubarkan aksi ini apabila pemkot membatalkan eksekusi. Aksi mereda setelah perwakilan warga dan kapolres setempat bernegosiasi untuk menunda eksekusi.

Sebelumnya, ratusan warga Buaran, juga berdemonstrasi menolak penggusuran tempat tinggal mereka oleh PT Graha Cipta Karisma (GCK), Jumat 17 Mei 2013 kemarin. Menurut kuasa hukum warga, Patuan Nainggolan, rencana penggusuran berlangsung tiba-tiba, tanpa ada upaya dialog kepada warga. (Adi/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini