Sukses

Apkasi Sukses Digelar, Syarief Hasan: Saya Bangga

Ajang Pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) International Trade and Investment Summit (AITIS) 2013 yang memperlihatkan berbagai potensi dan kesempatan untuk berinvestasi dari berbagai pelosok daerah yang ada di Indonesia dinilai merupakan langkah dan strategi yang paling tepat untuk mempublikasikan kemampuan daerah-daerah di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan saat menutup AITIS di Jakarta Internasional Expo, Jumat (17/5/2013) malam.

"Saya bangga bahwa Apkasi berhasil menghadirkan seluruh potensi kabupaten di Indonesia, terutama yang dipamerkan dalam event ini adalah semuanya produk asli Indonesia," kata Syarief.

Syarief menilai, kegiatan ini berhasil karena telah menghasilkan berbagai transaksi bisnis, kegiatan usaha, kerjasama (Mou) yang dilakukan, serta komunikasi yang terjalin antara para pelaku usaha dengan daerah.

"Inilah yang dicapai oleh AITIS ini. Ini namanya menjemput bola, dari pengusaha di daerah memperkenalkan langsung kepada para investor luar negeri maupun dalam negeri," ujar dia.

Ia menambahkan jika event ini rutin dilaksanakan, dengan potensi daerah dan dukungan dari Apkasi, dirinya optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai paling tidak 6,5 persen lagi. Dengan harapan, acara ini dapat menjadi ajang bertemu dan bertukar informasi antara Investor dan daerah.

"Saya mengapresiasi kepada Apkasi yang telah berhasil mempromosikani kapasitas dan kemampuan daerah. Sehingga para investor dapat melihat bahwa pertumbuhan di daerah dan demand kapasitas daerah sangat tinggi,” ujarnya.

Tak kurang dari 170 kabupaten, 5 provinsi, 7 kota, 5 kementerian, dan 21 perusahaan di tingkat kabupaten di seluruh Indonesia yang berhubungan dengan sektor pertambangan dan energi, pertanian, kelautan, dan perikanan, pariwisata, serta infrastruktur berpartisipasi dalam ajang pameran ini.

Ketua Umum Apkasi Isran Noor mengungkapkan, kegiatan ini merupakan implementasi peran dan fungsi Apkasi sebagai mitra pemerintah dalam mensukseskan master plan percepatan dan perluasan perekonomian Indonesia atau MP3I.

"Kami berharap kegiatan AITIS yang merupakan program kerja tahunan ini dapat menjadi momentum yang akan dimanfaatkan oleh anggota Apkasi dan pendukung lainnya, sebagai sarana promosi perdagangan dan investasi nasional," ujarnya.

Selain pameran, pihaknya juga menggagas forum bisnis selama pameran berlangsung dengan menghadirkan narasumber menteri-menteri terkait, duta besar dan konsuler negara sahabat, pejabat terkait, kalangan investor dan trader, akademisi, dan praktisi ekonomi.

"Hal itu sebagai sarana bertukar informasi mengenai potensi daerah secara lebih rinci. Para pengusaha di daerah mendapat informasi mengenai apa-apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para investor luar negeri tersebut," pungkas Isran. (Tya/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini