Disdikpora DIY Cetak Jurnalis Handal

  • Citizen6
  • 0
  • 17 Mei 2013 18:27

130517cpelatihan.jpg

Citizen6, Yogyakarta: Sejumlah mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Yogyakarta dan tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah Indonesia (IKPMDI) melakukan pelatihan jurnalistik di LPP Cottage Mliwis, Yogyakarta.

Pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dilaksanakan selama tiga hari. Dimulai Selasa 14 Mei 2013, pukul 15.00 hingga Kamis 16 Mei 2013, pukul 13.00 WIB.

Dalam pelatihan tersebut, 60 mahasiswa, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, diajarkan teknik wawancara, menulis berita dan opini, fotografi serta layout oleh pemateri handal dari media cetak lokal maupun nasional (Kedaulatan Rakyat, Bernas, Majalah Nusantara, dan Tempo).

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan lahir jurnalis–jurnalis muda dari berbagai disiplin ilmu mampu mewarnai dunia Pers Indonesia. "Siapapun bisa jadi jurnalis. Tidak harus dari lulusan komunikasi untuk dapat menjadi jurnalis," ujar Ahmad Luthfie, wakil pimpinan redaksi SKH Kedaulatan Rakyat.

Ketua IKPMDI, Munazar Adinda menyatakan, pelatihan jurnalistik ini juga bertujuan untuk mencetak jurnalis muda yang dapat menulis secara profesional di majalah Nusantara.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat dihasilkan jurnalis yang handal dalam menulis sehingga dapat direkrut menjadi anggota redaksi majalah Nusantara," tutur Munazar. Majalah Nusantara merupakan majalah yang berdiri di bawah payung IKPMDI dan didukung oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Selain belajar teknik-teknik jurnalistik, peserta juga melakukan kunjungan media ke media lokal, yaitu Kedaulatan Rakyat. Dari kunjungan media, peserta dapat mengetahui proses produksi media cetak hingga distribusi dan pemasaran. Peserta terlihat sangat senang dan antusias mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut.

"Acara pelatihan jurnalistik ini merupakan suatu acara yang sangat menarik dan mendidik. Harapannya, dengan ilmu jurnalistik yang didapatkan, para peserta terpacu untuk menjadi penulis yang produktif," ungkap Rizki Lestari, salah satu peserta pelatihan. (Janne Hillary/Mar).

Janne Hillary adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler