Sukses

[VIDEO] Hotlin Ompusunggu, Dokter Gigi yang Peduli Lingkungan

"Jadi daerah yang menjaga hutan dapat diskon besar. Daerah yang kurang menjaga tapi hutan masih baik mereka dapat diskon tapi tidak besar," kata Hotlin.

Kepedulian terhadap lingkungan sekitar bisa dilakukan oleh profesi apa saja, termasuk doktek gigi. Inilah yang dilakukan Hotlin Ompusunggu, pelopor yayasan yang memberikan layanan kesehatan murah bagi warga di sekitar Taman Nasional Gunung Palong, Kalimantan Barat.

Tak cukup memiliki uang tidak menjadi kekhawatiran bagi Warga Sukadana, Kayong Utara, untuk berobat. Namun, di Klinik Alam Sehat Lestari (Asri) warga desa di sekitar TM Gunung Palong bisa mendapatkan layanan kesehatan mulai dari sakit gigi hingga rawat inap.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (17/5/2013), warga desa Sukadana dibagi dalam 4 zona sesuai tingkat kehijauan lingkungannya. Semakin hijau lingkungan warga tinggal maka semakin tinggi potongan harga biaya berobat.

"Jadi daerah yang menjaga hutan dapat diskon besar. Daerah yang kurang menjaga tapi masih ada hutan yang baik di daerah mereka masih dapat diskon tapi tidak terlalu besar. Sedangkan di lereng di kawasan dekat dengan hutan tidak mendapatkan diskon," kata Hotlin Ompusunggu yang menjadi kandidat Liputan 6 Award 2013.

Jika sama sekali tak punya uang warga masih punya sejumlah pilihan. Mereka bisa menukarkan hasil kerajinan hingga menyumbangkan tenaga untuk bekerja di klinik seperti mencuci piring atau bekerja di lahan pertanian milik Klinik Asri.

"Ketika suatu saat mereka tidak punya uang, mereka masih bisa datang ke (Klinik) Asri. Jadi selain mereka bisa bayar diskon, mereka juga bisa barter. Ada kotoran sapi yang dipakai untuk mendukung pertanian organik, bibit untuk penanaman hutan," imbuh Hotlin.

"Ya ada kalau nggak pakai uang biasanya pakai biji, biji durian. Tapi biasanya pakai uang juga," kata pasien Mardiana.

Klinik Asri menerima sekitar 300 pasien per bulan. Selain itu, Klinik Asri juga memiliki sejumlah program pemberdayaan masyarakat seperti kelompok tani organik hingga program kambing untuk janda. Kegiatan itu bertujuan agar warga tidak mencari nafkah dengan menebang hutan.

Perjuangan dokter gigi Hotlin membuka klinik kesehatan yang peduli lingkungan tidaklah mudah. Tantangan terbesar justru awalnya ada di masyarakat Desa Sukadana.

"Sangat besar pengorbanannnya. Terus dia itu kayak pendekar tipenya. Saya tahu pasti tantangannya banyak sekali. Tantangannya terhadap kawasan hutan karena banyak juga tuntutan dari masyarakat yang biasa hidup dari hasil hutan," kata Bupati Kayong Utara Kalbar, Hildi Hamid.

Atas usahanya menjadi mantri lingkungan, dokter gigi Hotlin memperoleh penghargaan internasional di bidang pemberdayaan masyarakat Whitley Award tahun 2011 silam. Ppenghargaan justru membuat sang dokter semakin rendah hati membantu kesehatan masyarakat menjadi tujuan hidupnya. (Adi/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.