Sukses

Dapat Fee Rp 5 Ribu/Kg, Fathanah: Luthfi Minta Jadi 10 Ribu Ton

PT Indoguna menjanjikan fee sebesar Rp 5 ribu per kg bila Ahmad Fathanah bisa meloloskan kuota impor daging sapi sebesar 8 ribu ton.

PT Indoguna menjanjikan fee sebesar Rp 5 ribu per kilogram bila Ahmad Fathanah bisa meloloskan kuota impor daging sapi sebesar 8 ribu ton. Namun saat hal itu diinformasikan Fathanah ke Luthfi Hasan Ishaaq, mantan Presiden PKS itu meminta jumlah kuota impor jadi 10 ribu ton.

Menurut Fathanah, kenaikan kuota 2 ribu ton itu dimaksudkan agar total fee yang didapat keduanya menjadi Rp 50 miliar.

"Saya bertukar informasi dengan Ibu Elda. Jadi saya dengan Ibu Elda sepakat ada Rp 5 ribu perak per kilogram dikalikan 8 ribu ton jadi Rp 40 miliar," ujar Fathanah dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Lalu, sambung Fathanah, informasi itu disampaikannya ke Luthfi. "Saya sampaikan (ke Luthfi), tapi suka bercanda juga beliau itu. Dia jawab, 'kalau begitu saya minta 10 ribu (ton) saja', saya bilang wah kalau gitu (total fee-nya) jadi Rp 50 miliar," papar Fathanah.

Untuk mengonfirmasi kebenaran jawaban Fathanah, jaksa pun memutar rekaman pembicaraan antara Fathanah dengan Luthfi. Dalam rekaman itu ternyata sama dengan apa yang jadi keterangan Fathanah.

"Besok saya janjian sama Pak Menteri (Menteri Pertanian Suswono). Saya ke Jakarta nanti malam. Saya harus yakinkan menteri, bahwa data BPS tidak benar. Swasembada bisa mengancam ketahanan daging. Ana (saya) minat jadwal pagi di rumah Pak Menteri," ujar Luthfi dalam rekaman yang diputar jaksa. (Mut/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.