Sukses

Fathanah Tilep Dana Safari Dakwah PKS dari Indoguna Rp 300 Juta

Namun, meski uang itu sudah diberikan oleh PT Indoguna melalui Elda Daviane Adingrat, Fathanah tidak memberikannya kepada PKS.

Terdakwa kasus dugaan suap impor daging sapi, Ahmad Fathanah mengaku pernah meminta uang sebesar Rp 300 juta dari PT Indoguna Utama untuk membantu acara Safari Dakwah yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Safari Dakwan PKS itu digelar di Medan, Sumatera Utara, pada Januari 2013.

"Saya desak Bu Elda untuk membantu Safari Dakwah. Saya minta Rp 300 juta," kata Fathanah saat bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2013).

Namun, meski uang itu sudah diberikan oleh PT Indoguna melalui Elda Daviane Adingrat, Fathanah tidak memberikannya kepada PKS. Setelah mendapat uang itu, Fathanah pun mengabarkan ke Presiden PKS saat itu, Luthfi Hasan Ishaaq. Tapi laporan Fathanah diacuhkan Luthfi.

"Saya bertemu ustad (Luthfi Hasan). Saya bilang ada bantuan. Tapi ustad tak menanggapi," kata Fatahanah.

Tapi, uang yang diberikan PT Indoguna yang diduga untuk membantu pengurusan penambahan jatah impor daging sapi ini tak dikembalikan Fathanah. "Saya pakai sendiri uangnya. Tapi saya bilang Bu Elda," cerita Fathanah. (Ism/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini