Sukses

Polda Metro: Pemilik Akun @TrioMacan2000 Lebih dari 1 Orang

Hasil penyelidikan sementara Polda Metro Jaya, akun @TrioMacan2000 dimiliki lebih dari 1 orang.

Polda Metro Jaya telah memeriksa beberapa orang terkait kicauan berbau fitnah yang dilayangkan akun @TrioMacan2000 di Twitter ke keluarga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan. Hasil sementara, akun itu dimiliki lebih dari 1 orang.

"Akun ini dimiliki oleh beberapa orang. Jadi bukan paten hanya 1 orang yang memiliki. Jadi siapapun yang bisa membuka akun itu bebas menuliskan apa saja," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Jumat (17/6/2013).

Menurut Rikwanto, kemajuan teknologi dan sosial yang pesat sedikit banyak memengaruhi cara warga dalam berkomunikasi dan bersosialisasi di media sosial. Tapi, ada yang memanfaatkan media itu untuk menyampaikan sesuatu yang tak benar dan dibuat seakan-akan benar.

"Nah, Undang-Undang ITE itu dibuat untuk memantau hal itu. Jika ada yang memang dirugikan melalui akun, khususnya yang dilaporkan, kita akan proses," ucap Rikwanto.

Syarief Hasan datang ke Mapolda Metro Jaya untuk melaporkan kicauan yang dipublikasikan akun @TrioMacan2000. Akun Twitter @TrioMacan2000 menyebutkan seorang menteri KIB II yang berasal dari partai yang berkuasa sedang goncang. Sebab istrinya dipergoki 'bermain' dengan anak dari istri pertama. Namun akun ini tidak menyebutkan nama.

Dalam laporannya, Syarief menggunakan Pasal 310 dan 311 KUHP serta Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang UU ITE, dan Pasal 45 tentang pencemaran nama baik dan fitnah. (Ais/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.