Sukses

Survei: PDIP Kuasai Pulau Jawa

Hasil survei di seluruh provinsi di Indonesia terungkap PDIP unggul di Pulau Jawa dengan tingkat pemilih sebesar 21,2 persen.

Media Survei Nasional (Median) melansir hasil survei yang merekam dinamika politik sepanjang April hingga Mei 2013. Hasil survei di seluruh provinsi di Indonesia terungkap PDIP unggul di Pulau Jawa dengan tingkat pemilih sebesar 21,2 persen.

Survei dilakukan dengan jumlah sampel 1.450 orang, dengan margin of error sekitar 2,57 persen, serta tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

"Bila dilakukan pemilu saat ini, maka yang akan unggul dan menguasai pemilih di Pulau Jawa adalah PDIP dengan tingkat pemilih sebesar 21 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam jumpa persnya di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Setelah PDIP, disusul Partai Golkar 14,3 persen, PKB 8,0 persen, PKS 7,6 persen, dan Partai Demokrat 6,1 persen. Sedangkan PPP meraih 5,9 persen, Partai Gerindra 5,9 persen, Partai Nasdem 3,2 persen, PAN 2,0 persen, Partai Hanura 0,7 persen.

"Itulah basis partai di Jawa jika pemilu dilakukan pada saat ini," ujar Rico.

Rico menjelaskan, kuatnya basis pemilih PDIP di Pulau Jawa lantaran berdasarkan survei, masyarakat lebih menyukai tokoh-tokoh dari PDIP dengan persentase sekitar 16,2 persen. Lalu sekitar 10 persen merupakan pemilih loyalis PDIP. Selain itu partai berlambang banteng moncong putih itu juga dinilai lebih merakyat dibandingkan partai lain dengan persentase 6,9 persen.

"Jadi pemilih PDIP disebabkan karena masyarakat menyukai tokoh-tokoh yang dimiliki oleh PDIP dan PDIP dikenal sebagai partai yang pro terhadap rakyat," ucap Rico. (Ais/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini