Sukses

`Kembalikan Uang Rp 100 Juta Fathanah, Vitalia Harus Jual Diri?`

Kuasa hukum Vitalia Shesya, Rakhmat Jaya, mengakui kliennya sempat bingung diminta mengembalikan barang mewah yang diberikan Ahmad Fathanah.

Kuasa hukum Vitalia Shesya, Rakhmat Jaya, mengakui kliennya sempat bingung mengembalikan barang mewah yang diberikan Ahmad Fathanah. Vitalia pun bertanya-tanya, uang dari mana? Apakah dia harus menjual diri untuk mengembalikan uang sekitar Rp 100 juta.

"Menurut Vita, uang yang diterimanya hampir Rp 100 juta. 'Kalau saya bilang mau mengembalikan, maka harus jual diri?'," kata Rakhmat, menirukan pernyataan kliennya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Rakhmat menjelaskan, dalam 8-9 kali pertemuan dengan Fathanah, Vitalia selalu diberikan uang saku. Tak hanya itu, Vita juga diberikan barang mewah seperti Honda Jazz dan jam merk Chopard -- yang berharga lebih dari Rp 70 juta.

"Ada yang Rp 3 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta, Rp 20 juta untuk operasi usus buntu, biaya hidup, termasuk berlian untuk dijual. Menurut Vita hampir Rp 100 juta. Dan sekarang akan dikembalikan ke KPK," ujarnya.

Menurut Rakhmat, berlian pemberian Fathanah itu diperkirakan berharga Rp 90 juta. Namun, berlian tersebut, kemudian dijual Vitalia seharga Rp 30 juta. "Vita jual harga Rp 90 jadi Rp 30 juta," ujarnya.

Sebelumnya Vitalia sudah mengembalikan Honda Jazz dan jam merk Chopard pemberian Fathanah ke KPK. Barang-barang mewah itu diduga berasal dari hasil cuci uang Fathanah. (Ary/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini