Sukses

Tolak Digusur, Warga Buaran: ke Mana Jokowi `Pembela Wong Cilik`?

Warga menggelaraksi blokir Jalan I Gusti Ngurah Rai, atau tepat di depan Halte Busway Buaran sekitar pukul 10.00 WIB.

Ratusan warga di RT 08/RW 012 Buaran, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, menolak penggusuran tempat tinggal mereka. Dalam upaya menolak penggusuran, ratusan warga tersebut melakukan aksi blokir Jalan I Gusti Ngurah Rai, atau tepat di depan Halte Busway Buaran sekitar pukul 10.00 WIB.

Warga menolak rencana penggusuran PT Graha Karisma yang mengklaim memiliki lahan tempat tinggal warga. "Kami sudah 32 tahun tinggal di sini. Ke mana Pak Jokowi yang katanya membela wong cilik?" kata seorang warga bernama Maimunah (66) di lokasi, Jumat (17/5/2013).

Dalam aksinya itu, para warga membentangkan berbagai spanduk yang inti isinya menolak penggusuran. Akibat aksi tersebut, akses kendaraan dari arah Klender menuju Jatinegara macet total.

Para warga yang rata-rata berprofesi sebagai pengrajin besi tua itu berteriak-teriak, mengecam rencana penggusuran dari PT Graha Cipta Karisma. Bahkan, ada beberapa ibu-ibu berteriak sambil histeris.

Para warga mengaku, kerap mendapat teror dari pihak perusahaan yang diduga memakai jasa preman. Tujuannya, untuk menakut-nakuti warga agar pindah dari tanah puluhan hektar itu.

"Kalau malam, hampir setiap malam, ada beberapa preman yang datang bawa-bawa golok, ancam supaya pindah," tutur Maimunah.

Adapun, aksi tutup jalan itu tak berlangsung lama. Sekitar 30 menit kemudian, Jalan I Gusti Ngurah Rai sudah dibuka kembali. (Tnt/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.