Sukses

BNN Perkuat Operasional Lembaga Rehabilitasi Masyarakat

"Ini langkah strategis karena memberikan layanan rehabilitasi untuk 4 juta penyalahguna narkoba ini," kata Ketua BNN Anang Iskandar.

Selain memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) Badan Narkotika Nasional (BNN) juga berupaya untuk membantu terapi pemulihan pengguna narkoba yang ingin bertaubat. Karena itu, BNN mendukung lembaga masyarakat yang ingin membantu rehabilitasi pasien narkoba.

BNN mewujudkan kerjasama itu dengan penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) bersama 13 Lembaga Rehabilitasi Adiksi Berbasis Masyarakat di Jakarta. Hal ini guna memperkuat lembaga layanan rehabilitasi bagi pengguna narkoba di seluruh Indonesia.

"Ini langkah strategis karena memberikan layanan rehabilitasi untuk 4 juta penyalahguna narkoba ini. Namun yang jadi masalah kan tempat rehabilitasi kita masih belum mencukupi. Kita baru ada 90 panti rehab se-Indonesia. Makanya lembaga rehabilitasi buatan masyarakat ini sangat membantu dan mendukung langkah BNN perang Narkoba," Kepala BNN Anang Iskandar di Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2013).

Ia menambahkan, dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan ke-13 itu menggunakan program OSC, CBU dan ORC. Dengan kerjasama itu apat menjadikan sinergi yang positif menekan pertumbuhan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat.

Sementara itu, Deputi Rehabilitasi BNN, Kusman Suriah Kusuma menjelaskan pelayanan 13 lembaga ini berbasis One Stop Centre (OSC), Community Bassed Unit (CBU) dan Out Reach Centre (ORC).

"Secara garis besarnya, pelayanan 13 lembaga ini meliputi terapi medis, psikologis dan sosial serta spiritual bagi pencandu narkoba tadi. Selain itu, pendataan komunitas juga dilakukan lembaga rehabilitasi masyarakat ini. Terakhir adalah pusat layanan sendiri," jelas Kusman.

Dalam penandatangan MoU antara BNN dengan 13 lembaga meliputi Pondok Pesantren Bani Syifa, Pondok Pesantren Al Islami, Yayasan Harapan Kasih, Yayasan Kharisma, Yayasan Kasih Indonesia, LSM Suci Hati, CBU Wado, CBU Master, Rumah Kasih dan Pemulihan Serambi Salamo. Lembaga lainnya, yakni Lingkaran Harapan Bunda, Yayaysan Bunga Bakung, Metanoia Papua dan Lembaga Kemaslhatan Nadhatul Ulama. (Adi/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.