Sukses

Juri Tetapkan Pemenang Liputan 6 Award, Diumumkan 23 Mei

Para anggota juri diminta memberi skor antara 60 sampai 100 untuk masing-masing kandidat. Pengumumannya sepekan mendatang.

Dewan Juri Liputan 6 Awards 2013 menggelar acara Penjurian Final di SCTV Tower, Jakarta Pusat.

Mereka terdiri Jusuf Kalla (ketua), Komaruddin Hidayat, Daniel Dhakidae, Putut Tri Husodo, Erna Witoelar, Rhenald Kasali, Yenny Wahid, dan Harsiwi Achmad. Perihal Yenny, putri Gus Dur ini berhalangan hadir dan mengirimkan penilaiannya melalui e-mail.

Ada 25 kandidat untuk kategori Inovasi, Kemanusiaan, Pendidikan, Pemberdayaan masyarakat, dan Lingkungan.

"Sebelumnya, pada Senin 6 Mei 2013, Dewan Juri telah menerima video tentang para kandidat," kata Kepala Produksi Berita Mauluddin Anwar saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (16/5/2013). Dari sana, mereka mempelajari keunggulan dan kelemahan para kandidat.

Para anggota juri diminta memberi skor antara 60 sampai 100 untuk masing-masing kandidat. Setelah angka total dihasilkan, Dewan Juri berdiskusi, termasuk meminta verifikasi dari reporter Liputan 6 yang mewawancarai narasumber bersangkutan.

"Kapan dia mulai melakukan kegiatan itu?" tanya Jusuf Kalla tentang seorang kandidat.

"Sejak dua tahun lalu, Pak," kata reporter Liputan 6 SCTV Kurnia Supriyatna.

"Sudah dipatenkan?" tanya Erna Witoelar.

'Dalam proses, Bu. Beliau mengembangkan mesin pembuat pola batik tulis ini saat saat ribut-ribut soal batik dari Malaysia," ujar Kurnia.

Setelah sekitar 4 jam bekerja, akhirnya Dewan Juri memilih para pemenang untuk setiap kategori. Pengumumannya akan disampaikan Kamis 23 Mei malam di Gedung Arsip Nasional, Jakarta. (Yus/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.