Sukses

UN SD Dihapus, Bang Yos: Tak Masalah Kalau Alasannya Logic

Namun Sutiyoso berharap pemerintah memberikan alasan yang kuat terkait dihapuskannya sistem UN untuk tingkat SD, sehingga masyarakat dapat memahami maksud dari kebijakan pemerintah.

Pemerintah menetapkan akan menghapus Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan sederajat (MI/SDLB) mulai Tahun Ajaran 2013-2014 mendatang. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Mei 2013.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso sepakat atas keputusan pemerintah yang penghapusan UN tingkat SD. Namun ia berharap pemerintah memberikan alasan yang kuat terkait dihapuskannya sistem UN untuk tingkat SD, sehingga masyarakat dapat memahami maksud dari kebijakan pemerintah.

"Kalau alasannya logic ya tidak ada masalah. Kalau UN itu banyak dampak negatif daripada positifnya, ya saya setuju," kata Sutiyoso saat ditemui usai mengisi dialog interaktif di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2013)

Namun, pria yang akrab disapa Bang Yos ini berharap agar program UN untuk setingkat SMP dan SMA tidak dihapus. Meski banyak kekurangan, tetapi UN dapat memacu anak didik untuk bisa belajar dengan tekun dan memacu motivasi para anak didik.

"Ya karena saya dari SD sampai SMA itu pun mengikuti ujian. Maka ujian itu untuk kompetisi juga kan? Ujian itu kan juga memaksa orang untuk belajar. Jadi ada bagusnya juga. Jadi untuk saat ini belum tepat untuk dihapuskan (UN SMP dan SMA)," imbuh Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini.

"Soal adanya problematika, ya problematikanya perlu dievaluasi, setiap tahun seharusnya kan semakin baik, bukannya tambah semrawut," tukas Sutiyoso. (Ism/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.