by Riski Adam

Kemendagri: Card Reader e-KTP Buatan Amerika dan Korea

  • Peristiwa
  • 0
  • 16 Mei 2013 15:59
Setelah sempat mengklarifikasi surat edaran tentang larangan memfotokopi e-KTP, Kemendagri akan menyiapkan card reader di setiap instansi pemerintah. Dirjen Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Irman menyebutkan, untuk saat ini pihaknya menggunakan alat buatan luar negeri.

"Jadi selama ini untuk e-KTP menggunakan card reader buatan Amerika dan Korea. Karena sistem yang dibangun BPPT belum rampung," kata Irman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Irman menambahkan, pada tiap kecamatan, pihaknya telah menyiapkan 2 unit card reader. Alat itu digunakan untuk verifikasi waktu perekaman, dan saat ini sudah dapat digunakan untuk layanan umum.

Dijelaskan Irman, ada sejumlah manfaat yang didapat dengan menggunakan card reader. Pertama, tidak ada lagi peluang pemalsuan identitas. Dan kedua, database tak ada yang ganda.

"Karena waktu dulu itu KTP banyak yang dipalsukan dan data kita banyak yang ganda. Dan sekarang data kita relatif bersih. Memang belum 100 persen belum bersih karena sebagian belum ada yang merekam e-KTP," tukas Irman.

Kemendagri sebelumnya mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 471.13/1826/SJ, tertanggal 11 April 2013. Disebutkan, e-KTP tidak diperkenankan difotokopi, distapler, dan dilaminating hingga merusak fisik kartu. Sebagai penggantinya dicatat nomor induk kependudukan (NIK) dan nama lengkap warga yang bersangkutan.

Mendagri Gamawan Fauzi pun mengklarifikasi hal itu. Gamawan menyatakan SE tersebut diterbitkan bagi pejabat pemerintah daerah agar segera memiliki alat card reader. Gamawan berharap instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah, telah menyiapkan card reader tersebut sebelum 2014 sehingga pada bulan Januari 2014 penggunaan e-KTP dapat diimplementasikan secara terintegrasi. (Ali/*) (Muhammad Ali )
Comments
Sign in to post a comment