by

Pamen dan Kowal Asah Tempur Dengan Latihan Menembak

  • Citizen6
  • 0
  • 16 Mei 2013 14:32
Citizen6, Surabaya: Sedikitnya 30 orang Perwira Menengah (Pamen) dan Prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Staf Markas Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal), kembali mengasah naluri tempurnya dengan latihan menembak senjata pistol di lapangan tembak Jala Krida Braja, Kesatrian Bumimoro, Surabaya.

Hadir dalam latihan tersebut Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir Sturman Panjaitan, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kepokgadik) Kol Laut (P) Chairil Hapri, Direktur Perencanaan dan Anggaran Kolonel Laut (S) Solechan, Direktur Pendidikan Kolonel Laut (P) Hadi Susilo, Direktur Pengkajian dan Pengembangan Kolonel Laut (P) Rudwin Tholib serta pejabat Kobangdikal lainnya.

"Latihan menembak ini merupakan salah satu agenda rutin dalam program kerja Pembinaan Latihan (Binlat) Triwulan (TW) ke-2. Seluruh prajurit Kobangdikal baik perwira bintara dan tamtama termasuk Kowal, memiliki kewajiban dan hak yang sama dalam melaksanakan Binlat menembak. Dari ribuan prajurit Kobangdikal, telah diatur pelaksanaannya oleh Staf Operasi Denmako," ungkap Samad, sapaan akrab Dandenmako Kobangdikal ini, pada Kamis (15/5/2013).            

Dalam satu triwulan, untuk prajurit strata perwira akan menembak pistol dengan menggunakan pistol jenis P2, FN dan jenis lainnya, sedangkan starta bintara dan tamtama akan mendapat porsi latihan rutin dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS-1 dan M.16 kaliber 5,56 mm.
            
Sebelum diadakan latihan menembak, teori standar penggunaan senjata, aturan, dan keselamatan dalam pelaksanaan latihan selalu disampaikan kepada para peserta latihan.

"Gunakanlah teori Na-bi-re Ta-ta, yaitu Nafas, Bidik, Rilek, Tarikan Pertama, dan Tarikan Kedua. Dalam tarikan kedua ini senjata sudah diarahkan dengan posisi pisir belakang dan depan sudah pada posisi jam 6 pada mata sapi sasaran," jelas pamen melati dua penanggung jawab latihan tersebut.

Dalam binlat tersebut, setiap petembak yang sudah berada di lajur tembak, diberi kesempatan untuk latihan kering selama 1 menit, tembakan percobaan 3 butir peluru selama 1 menit, tembakan Slow Fire 10 butir peluru selama 3 menit, dan tembakan Rapid Fire 10 butir peluru selama 3 menit pada jarak 20 meter. (Mayor Laut (KH) Rohman Ari/Mar)

Mayor Laut (KH) Rohman adalah pewarta warga yang juga Kepala Bagian  Penerangan Kobangdikal (Kabagpen), Surabaya. Ia bisa dihubungi lewat Web Kobangdikal: kobangdikal.mil.id. E-mail penkobangdikal@yahoo.co.id.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com


Comments
Sign in to post a comment