Sukses

Pengacara Luthfi: Tak Ada Pertemuan Lembang Bahas Sapi

Zainuddin Paru selaku pengacara mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, membantah adanya pertemuan yang digelar di rumah Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminuddin, di Lembang.

Mantan Ketua Umum Perbenihan, Elda Davine Adiningrat, mengungkapkan ada pertemuan yang dilakukan sejumlah elit Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Pertemuan membahas penambahan impor daging sapi untuk PT Indoguna Utama itu diketahui dari Ahmad Fathanah, tersangka kasus ini.

Zainuddin Paru selaku pengacara mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, membantah adanya pertemuan yang digelar di rumah Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminuddin, itu. Menurutnya, sulit untuk bertemu Hilmi di kediamannya.

"Tidak ada pertemuan di Lembang. Jangankan dengan Fathanah, kader bahkan pengurus PKS tidak mungkin bertemu dengan Ustad Hilmi. Yang pernah bertemu hanya pucuk pimpinan. Jadi tak mungkin Fathanah bertemu Ustad Hilmi," kata Zainuddin Paru di Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Zainuddin pun membantah adanya percakapan antara anak Hilmi, Ridwan Hakim, dan Fathanah. Menurutnya, semua hanya klaim dari Fathanah saja.

"Kemarin Fathanah berbicara dengan seseorang di seberang yang kemudian oleh penyidik disebutkan itu adalah Fathanah, dan di seberang itu adalah Elda. Dan mengatakan bahwa saya sedang berada di hadapan Ridwan. Dan kemudian Fathanah mengatakan bahwa Ridwan siap membantu dengan mengupayakan bantuan Ustad Hilmi akan memberikan kemudahan-kemudahan bagi proyek-proyek Ahmad Fathanah," ujarnya.

Dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Elda mengungkapkan dia diberi tahu Fathanah ada pertemuan di Lembang itu yang membahas penambahan impor daging sapi untuk PT Indoguna Utama. "Jadi dalam pertemuan di Steak House (Jakarta), Ahmad Fathanah mengatakan pada saya, pembahasan di Lembang telah sepakat untuk membantu Maria Elisabeth Liman (Direktur Utama PT Indoguna) terkait impor daging," kata Elda di pengadilan Tipikor, Rabu (15/5).

Kata Elda, Ahmad Fathanah juga mengatakan, dalam pertemuan yang dilakukan di Lembang itu dihadiri mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Selain itu, Elda mengaku Fathanah menyatakan dalam pertemuan di Lembang itu, petinggi PKS setuju membantu pengurusan kuota impor daging sapi. Selain itu, ada juga permintaan kepada Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elisabeth agar mendukung dana untuk PKS. (Ary/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.