by Tan

Tornado Dahsyat Hantam Texas, 9 Tewas

  • Internasional
  • 0
  • 16 Mei 2013 13:09
Tornado dahsyat menerjang Texas pada Rabu 15 Mei malam waktu setempat. Akibat peristiwa alam itu, 6 orang tewas dan sekitar 100 orang warga lainnya mengalami cedera.

"Ada beberapa korban jiwa, akibat badai yang mendarat di Granbury," kata Kathy Jividen, juru bicara kantor sheriff di Hood County, seperti dikutip CNN, Kamis (16/5/2013).

"Korban tewas berjumlah 6 orang. Dengan sekitar 120 rumah yang kebanyakan hancur," ujar sheriff Hood, Roger Deeds.

Menanggapi musibah itu, juru bicara layanan kesehatan MedStar, Matt Zavadsky, mengatakan jumlah warga yang cedera berkisar 100 orang. Matt mengatakan, tornado mendarat beberapa kali di Hood, Tarrant, Dallas dan Distrik Parker.

"Tornado itu, mereka mendarat, mengangkat, seperti jungkat-jungkit", terang Matt.

Bencana ini benar-benar berita mengejutkan. Kondisi yang gelap membuat evakuasi menjadi semakin sulit. Tetapi, para tim penyelamat tetap melakukan pekerjaannya dengan baik.

"Mereka terus membantu orang-orang yang mungkin terperangkap atau tidak mampu menuju tempat penampungan atau daerah yang aman," sambung Matt.

Dari laporan yang diterima, banyak rumah di Granbury yang rata dihantam tornado. Saat badai meratakan rumah itu, seluruh anggota keluarga dilaporkan masih berada di dalam.

Donna Martin, seorang pekerja di organisasi veteran lokal, mengatakan banyak orang menderita trauma pasca-tornado menerjang wilayah mereka.

"Ada banyak yang mengalami luka traumatis. Suami saya mengatakan mellihat mobil diangkat ke udara. Lalu badai menjatuhkannya dengan cepat," kata Donna. Pejabat kota yang mengirimkan bus sekolah ke lingkungan yang terkena dampak untuk membantu evakuasi.

Sementara Badan Layanan Cuaca Nasional memperingatkan bahwa tornado besar itutelah bergerak menuju kota Cleburne," sebuah komunitas yang berpenghuni sekitar 15.000 orang di utara Texas.

"Jika Anda berada di jalan, berlindung segera demi keselamatan Anda," imbau layanan cuaca.Dinas Cuaca Nasional juga mengatakan 32 kabupaten di Texas dan 4 di Oklahoma berada di bawah kepungan tornado sampai pukul 01.00 dini hari waktu setempat.

Meski pihak berwenang tak menegaskan bahwa tornado akan tiba di Dallas, namun mereka mengatakan tornado itu mampu memproduksi 1 pusaran angin lainnya. (Tnt/*)

(Tanti Yulianingsih )

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler