Sukses

[VIDEO] Korban Belum Terevakuasi Semua, Pekerja Freeport Mogok

Longsor di Tambang Freeport, Tembagapura. Rekan belum terevakuasi secara menyeluruh, petambang mogok dan blokir jalan.

Buntut dari longsor yang terjadi di terowongan bawah tanah tambang Freeport Tembagapura Mile 74, para pekerja mogok dan menutup akses jalan menuju terowongan tersebut.

Sejak Rabu, 15 Mei 2013, aktifitas penambangan PT Freeport Indonesia terhenti sementara. Para pekerja tambang emas di kawasan tersebut melakukan mogok kerja. Pemogokan itu akan dilakukan hingga rekan mereka, yang masih terjebak dalam terowongan fasilitas pelatihan tambang Mile 74 Big Gossan selesai dievakuasi semuanya.

Seperti diberitakan Liputan6 SCTV Pagi, Kamis (16/5/2013), menurut keterangan resmi dari pihak PT Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto di Tangerang, Banten, pihaknya telah menerjunkan 200 tim penyelamat ke lokasi tersebut. Namun, labilnya kondisi terowongan, yang runtuh, menghambat upaya evakuasi.

Fasilitas ruang pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan, yang runtuh, berada 500 meter dari permukaan tanah.

Saat kejadian, sebagian terowongan, yang merupakan ruang kelas runtuh. Hingga menyebabkan 39 orang, yang sedang menguikuti kelas, terjebak. Sebanyak 14 orang telah di evakusi, 4 orang di antaranya tewas. Yakni, Aan Nugraha, Selvianus Edowai, Matheus Marandoof dan Yunus Tabuni.

Sementara, 7 orang lainnya masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit Tembaga Pura dan dalam kondisi kritis. Serta, 25 orang lainnya masih terjebak di dalam terowongan tersebut. (Yog/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini